uefau17.com

XXI Short Film Festival 2014 Diharapkan Lahirkan Sineas Muda - ShowBiz


Anda suka membuat film pendek? Kini ada kesempatan untuk bisa memperkenalkan karya-karya itu di ajang XXI Short Film Festival 2014. Sebelumnya, di tahun 2013 lalu, ajang yang sama berlangsung dengan sukses. Rencananya, ajang ini akan diadakan pada bulan Maret tahun depan.

Setelah melalui seleksi, sebanyak 423 film pendek berhasil terjaring untuk nantinya akan dinilai. Proses pendaftaran sendiri sudah dilakukan sejak bulan Agustus sampai awal Desember lalu. Dengan mencari bakat-bakat muda di 11 kota di Indonesia, pihak XXI berharap bisa memunculkan filmmaker baru di industri perfilman.

"Setelah dilakukan scouting dari Oktober selama dua bulan di 11 kota, antaranya, Manado, Palu, Palembang, Medan, Surabaya, Banjarmasin, Malang, Padang, Bandung, Yogyakarta, Solo dan Semarang terpilih 400 film. Kota-kota ini kita lihat sering melahirkan sineas-sineas baru," kata Program Director XXI Short Film Festival 2014 Nauval Yazid saat jumpa pers di Kasablanka XXI, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (17/12/2013).

Sebagai rinciannya, tercatat 301 film pendek Fiktif Naratif ditambah 29 film pendek Animasi dan 93 film pendek Dokumenter. Menariknya, 50 persen dari total keseluruhan film itu berasal dari luar Jakarta.

"Angka yang tidak sebanyak tahun lalu, meskipun pembuatannya sudah di luar waktu. Tapi tahun ini kami juga menganggap 423 adalah angka yang fantastis. Kami ingin mencari bibit-bibit muda yang ingin berkarya di perfilman. Lewat ini kami dorong dan bisa berkelanjutan," ujar Corporate Secretary 21 Cineplex Catherine Keng di tempat yang sama.

Saat ini 423 film pendek yang terpilih sedang diseleksi sampai bulan Februari 2014 sampai menghasilkan 10 finalis untuk tujuh kategori yang dilombakan. Kategorinya antara lain, 'Film Pendek Fiksi Naratif Terbaik', 'Film Pendek Dokumenter Terbaik', 'Film Pendek Animasi Terbaik', 'Film Pendek Fiksi Naratif Pilihan Media', 'Film Pendek Dokumenter Pilihan Media', 'Film Pendek Animasi Pilihan Media' dan 'Film Pendek Favorit Pilihan Penonton'.

Bedanya dengan tahun lalu, gelaran ke-2 XXI Short Film Festival menggandeng serta empat asosiasi perfilman Indonesia. Ada PILAR (Penulis Layar Lebar Indonesia), IFDC (Indonesia Film Directors Club), APROFI (Asosiasi Produser Film Indonesia) dan AINAKI (Asosiasi Industri Animasi dan Konten Indonesia).

"Tahun lalu kita lihat hasilnya bagus-bagus banget dan tahun ini kita ikutan karena memang punya tekad untuk regenerasi sutradara di Indonesia," kata sutradara Joko Anwar mewakili IFDC.

Nantinya, sebelum ditayangkan serentak pada tanggal 13-15 Maret 2014, akan ada beberapa workshop untuk lebih memberikan ilmu bagi para sineas muda. Pengumuman pemenang sendiri rencananya baru akan digelar pada tanggal 16 Maret 2014.(Adt)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat