uefau17.com

Scarlett Johansson Berang Suara Mirip Miliknya Digunakan Tanpa Izin dalam ChatGPT - ShowBiz

, Jakarta Update terbaru ChatGPT bikin Scarlett Johansson mencak-mencak. Dilansir dari People dan CNN, Selasa (21/5/2024), bintang Marvel ini menuding CEO OpenAI Sam Altman pengembang ChatGPT, menggunakan suara yang kelewat mirip dengan miliknya.

Satu hal yang bikin bintang Black Widow ini tambah panas, ia sebenarnya pernah menolak tawaran mengisi suara untuk sistem ChatGPT 4.0 dari Sam Altman pada September 2023 lalu.

“(Sam Altman) mengatakan bahwa dia merasa suara saya dalam sistem ini dapat menjembatani kesenjangan antara perusahaan teknologi dan kreatif, juga membantu konsumen merasa nyaman dengan perubahan besar yang berkaitan dengan manusia dan AI,” kata wanita 39 tahun ini dalam pernyataan resminya.

Diteruskan, “Ia berkata bahwa menurutnya, suara saya memberikan rasa nyaman pada orang-orang.”

Tawaran ini ditolak sang aktris, karena alasan personal.

Namun beberapa bulan kemudian, ia begitu kaget begitu mendengar aduan dari teman-teman, keluarga, hingga masyarakat, soal sistem baru di ChatGPT bertajuk Sky.

Dalam sistem ini, jawaban dari ChatGPT dibacakan oleh suara—yang menurut Scarlett terlalu mirip dengan suara miliknya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kaget, Marah, Tak Percaya

“(Saya) kaget, marah, dan tak percaya, bahwa Tuan Altman mencari suara yang sangat persis suara saya, bahkan teman terdekatku dan media berita tak bisa menemukan perbedaannya,” kata Scarlett Johansson.

Ia juga menuduh Sam Altman menulis kata “her” dalam cuitannya soal Sky, sebagai rujukan atas film Her yang dibintangi sang aktris. Sekadar mengingatkan, dalam film ini Scarlett menyuarakan asisten virtual AI bernama Samantha.

 

3 dari 4 halaman

Sempat Dihubungi Sebelum Demo Dirilis

Scarlett Johansson juga menyebut dua hari sebelum demo ChatGPT4.0 rilis, Sam Altman sempat menghubungi agen sang aktris untuk memikirkan ulang keputusannya terkait tawaran sebelumnya.

Namun belum sempat dijawab, sistem baru ini sudah keburu dirilis.

4 dari 4 halaman

Sky Dihentikan Sementara

Kini, Scarlett sudah meminta bantuan tim legal untuk menghadapi problem ini. Di sisi lain, OpenAI merilis pernyataan resmi yang menyatakan penghentian Sky untuk sementara.

“Kami telah mendengar pertanyaan tentang cara kami memilih suara di ChatGPT, khususnya Sky. Kami sedang mengupayakan penghentian sementara penggunaan Sky, sementara kami mengatasinya,” begitu pernyataan OpenAI dalam unggahan di Twitter.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat