uefau17.com

Pengumuman Unggulan FFWI 2023 Tanggal 20 Oktober - ShowBiz

, Jakarta Panitia Festival Film Wartawan Indonesia (FFWI) Tahun 2023, dalam edisi ke-13, dengan senang hati menginformasikan bahwa pengumuman semua calon unggulan FFWI akan diumumkan pada Jumat, 20 Oktober 2023, melalui berbagai platform media sosial.

Dewan Juri awal, yang terdiri dari 21 wartawan terkemuka di seluruh Indonesia, telah menjalani proses penilaian yang sangat ketat terhadap film-film dari empat genre berbeda, yaitu drama, komedi, horor, dan laga. Dari masing-masing genre, dipilih sembilan unsur, sehingga setidaknya akan ada 36 calon unggulan yang akan diumumkan.

Tertiani ZB Simanjuntak, Direktur Bidang Penjurian FFWI, menjelaskan bahwa proses penjurian terbagi menjadi dua tahap. Pada tahap pertama, Dewan Juri Awal melakukan seleksi dari 128 judul film peserta, yang telah tayang di bioskop dan platform layanan video mulai dari 1 Oktober 2022 hingga 30 September 2023.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menyaring

Kemudian, para juri menyaring 78 judul film yang berasal dari keempat genre berbeda. Dari daftar tersebut, Dewan Juri Awal kemudian memilih lima calon unggulan untuk masing-masing dari sembilan unsur yang akan dinilai dalam setiap genre.

Menurut Tertiani, menilai film-film yang layak menjadi unggulan bukanlah tugas yang mudah. "Setiap anggota Dewan Juri, yang semuanya berpengalaman sebagai wartawan perfilman, memberikan argumentasi yang sangat tajam, didasarkan pada pengetahuan mendalam," ungkap Tertiani. Terkadang, ini memerlukan penjelasan tambahan dari Tertiani saat mereka berdebat.

 

3 dari 4 halaman

Menantang

Sebagai wartawan Sindonews, Thomas Della Manggala, yang sudah tiga kali menjadi Juri dalam FFWI, merasakan bahwa proses ini sangat menantang dan penuh dengan dinamika. Dia menjelaskan bahwa sistem penjurian FFWI terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

Lebih menarik lagi, dalam FFWI tahun ini, panitia penjurian juga menilai film genre laga, yang merupakan hal baru dalam festival film di Indonesia. Thomas, yang sehari-harinya meliput berita perfilman, sangat antusias dengan perubahan ini.

 

4 dari 4 halaman

Unggulan

Hingga saat ini, Dewan Juri masih menjalani rapat untuk menentukan calon unggulan mana saja yang akan masuk dalam daftar akhir. Meskipun demikian, bisa diprediksi bahwa persaingan di setiap genre akan sangat ketat.

Tertiani menekankan bahwa seluruh proses pengambilan keputusan akan berjalan dengan penuh integritas dan keadilan. Tanggal pengumuman resmi adalah 20 Oktober 2023, jadi tunggu kabar selanjutnya hingga tanggal tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat