uefau17.com

Alasan Hanni NewJeans Tuai Perdebatan di Vietnam, Keluarga Disebut Orang Perahu hingga Afiliasi Politik Dipertanyakan - ShowBiz

, Jakarta Hanni NewJeans belakangan jadi buah bibir di Vietnam. Hanya saja, hal ini terjadi karena pro kontra terkait asal-usul keluarganya.

Dilansir dari The Korea Times, Senin (28/8/2023), Hanni yang memiliki nama asli Pham Ngoc Han ini memang lahir di Melbourne, Australia, tapi kakek-neneknya berasal dari Vietnam. Sejumlah pihak meyakini bahwa kakek nenek sang member NewJeans adalah ”orang perahu.”

Ini adalah istilah yang disematkan kepada orang-orang di negara ini yang mengungsi setelah Perang Vietnam berakhir tahun 1975, dengan jatuhnya Saigon ke tangan Tentara Rakyat Vietnam.

Ada berbagai cara yang ditempuh para pengungsi ini bisa sampai ke negara tujuan mereka. Salah satunya adalah yang sangat berisiko, menempuh jalur laut dengan menggunakan kapal-kapal kecil. Dari sinilah istilah orang perahu berasal, dan kerap digunakan untuk menyebut pengungsi Vietnam secara umum--apa pun transportasi yang digunakan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dugaan Afiliasi Politik

Australia sendiri, adalah salah satu negara tujuan dari para “orang perahu” ini. Gara-gara itu pula, kakek nenek Hanni dituding merupakan orang perahu.

Apalagi ada Februari lalu, sebuah komunitas K-Pop besar dari Vietnam mengunggah foto yang diklaim sebagai rumah Hanni, diwartakan Allkpop. Mereka menuding keluarga Hanni masih memiliki afiliasi politik kepada Vietnam Selatan—yang didukung oleh Amerika Serikat dalam perang.

3 dari 4 halaman

Sulit Manggung di Vietnam?

The Korea Times mencatat, ada sejumlah warganet Vietnam yang menyebut orang perahu telah meninggalkan negaranya demi kepentingannya sendiri. Ada pula yang menganggap orang non-Vietnam tidak akan memahami hal ini.

Belakangan muncul spekulasi bahwa NewJeans mungkin tak akan diizinkan tampil di Vietnam.

“NewJeans dan Hanni sangat dikenal di Vietnam, tapi betul bahwa banyak yang tak setuju dengan grup ini. Dan tampaknya NewsJeans kemungkinan tidak diizinkan untuk tampil di Vietnam oleh pemerintah,” kata seorang sumber di Vietnam, dilansir dari Allkpop.

4 dari 4 halaman

Hanni Seharusnya Tak Dikaitkan

Namun para pendukung Hanni meyakini bahwa sang idol tak seharusnya dikaitkan dengan masalah ini.

“Belum tentu Hanni setuju dengan pandangan politik keluarganya, dan dia tampaknya tak akan pernah mengungkap pandangan politiknya,” kata seorang warganet.

Hingga saat ini pihak Hanni maupun keluarga belum mengeluarkan komentar apa pun soal hal ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat