uefau17.com

Jumlah Penumpang KAI Daop 8 Meningkat 12,9 Persen pada Semester I 2024, Capai 2.896.332 Pelanggan - Surabaya

, Surabaya - PT KAI Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya mencatat jumlah penumpang kereta api pada periode semester I 2024 (Januari-Juni) meningkat 12,9 persen, dari 2.565.356 menjadi 2.896.332 pelanggan, jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Manajer Humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif mengatakan secara rinci pada periode tersebut ada sebanyak 939.181 penumpang kelas eksekutif, 125.003 kelas bisnis dan 1.832.148 kelas ekonomi.

Sementara, pada periode yang sama tahun sebelumnya tercatat sebanyak 862.125 penumpang kelas eksekutif, 126.878 kelas bisnis dan 1.576.353 kelas ekonomi.

"Meningkatnya volume pelanggan salah satunya diperkirakan karena ada sejumlah inovasi peningkatan pelayanan yang kami lakukan, seperti peremajaan sarana, penambahan KA baru, peningkatan kecepatan, dan peningkatan fasilitas pelayanan pelanggan di Stasiun," ujarnya.

Luqman menjelaskan, pada periode 2023 hingga 2024 pihaknya telah melakukan berbagai inovasi seperti peremajaan sarana KA Argo Bromo Anggrek dan KA Majapahit dengan menggunakan jenis Kereta Stainless Steel New Generation.

Selain itu, lanjutnya, juga menambah KA baru seperti KA Argo Semeru relasi Surabaya Gubeng-Gambir PP dan KA Malabar relasi Malang-Bandung. Kemudian, melakukan peningkatan kecepatan seiring dengan pemberlakuan Grafik Perjalanan Kereta Api (GAPEKA) baru yang telah dimulai pada 1 Juni 2023.

"Inovasi produk kereta juga kami hadirkan melalui Kereta Kompartmen yang dirangkaikan pada KA Argo Semeru dan KA Bima untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan saat dalam perjalanan," ucapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Layanan Luxury Lounge

Luqman menambahkan, untuk meningkatkan pelanggan agar dapat senantiasa menggunakan moda transportasi kereta api, pihaknya juga terus meningkatkan fasilitas pelayanan pelanggan di stasiun.

"Diantaranya dengan menyediakan luxury lounge, arena bermain anak, air minum isi ulang gratis bagi penumpang, serta fasilitas Face Recognition Boarding Gate yang memudahkan penumpang dalam proses boarding," katanya.

Dengan semangat melayani, pihaknya berkomitmen akan terus meningkatkan fasilitas pelayanan pelanggan dengan harapan minat masyarakat semakin besar untuk menggunakan transportasi massal kereta api yang aman, nyaman, selamat dan tepat waktu.

"KAI Daop 8 Surabaya juga mengucapkan terima kasih atas kepercayaannya serta kesetiaan masyarakat yang telah memilih transportasi kereta api sebagai pilihan utama untuk mendukung mobilitas," tutur Luqman Arif.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat