uefau17.com

Sutradara Titanic James Cameron Sebut Insiden Kapal Selam OceanGate Adalah Ironi, Persis dengan Tragedi Kapal Pesiar Ikonis Ini - ShowBiz

, Jakarta Sutradara film Titanic, James Cameron, angkat suara soal tragedi kapal selam wisata OceanGate yang hilang di Samudra Atlantik sejak Minggu, 18 Juni 2023 lalu. Dilansir dari People, Jumat (23/6/2023), ia berkomentar dalam wawancara dengan ABC News, Kamis kemarin.

Secara blak-blakan pria yang juga dikenal sebagai penjelajah laut ini mengungkap bahwa komunitas menyelam bahkan sudah meragukan keamanan kapal selam tersebut. Bahkan, sebelum ekspedisinya berangkat pada hari Ahad lalu.

“Sejumlah pemain top dalam komunitas deep submergence engineering bahkan mengirim surat kepada perusahaan itu, mengatakan bahwa apa yang mereka lakukan terlalu eksperimental dalam hal mengangkut penumpang, dan itu perlu disertifikasi,” kata dia.

Pria 68 tahun ini juga mengungkap bahwa dirinya merasa ada kemiripan antara tragedi kapal selam OceanGate dengan Titanic.

“Saya kaget dengan kemiripannya dengan bencana Titanic itu sendiri, di mana sang kapten sudah berulang kali diperingatkan soal es di depan kapalnya, tapi tetap saja melaju di perairan penuh es pada malam tak berbulan, dan pada akhirnya banyak orang yang tewas,” kata James Cameron.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

James Cameron: OceanGate Sudah Diperingatkan!

“Sekarang kita punya bangkai kapal lain yang sayangnya terjadi karena prinsip yang sama, yaitu tidak mengindahkan peringatan," kata dia lagi, memberi penegasan, diwartakan BBC.

Ia melanjutkan, “OceanGate telah diperingatkan."

3 dari 4 halaman

James Cameron Langsung Feeling Kapal Selamnya Bakal Meledak

James Cameron menjelaskan bahwa dirinya agak telat mengetahui berita soal OceanGate ini, yakni pada Senin. Namun, begitu ia mendengar bahwa kapal selam Titan kehilangan navigasi dan sistem komunikasi, ia langsung menduga ada bencana besar.

"Komunikasi dan navigasi mereka hilang--dan saya langsung berkata, komunikasi dan navigasi enggak bisa hilang bersama-sama tanpa ada bencana yang ekstrem atau peristiwa bencana yang begitu besar. Dan hal pertama yang muncul di benakku adalah ledakan,” kata dia.

4 dari 4 halaman

Kapal Selam Titan Meledak

Dilansir dari kanal Global  pihak berwenang telah menyatakan kapal ini meledak di dekat lokasi karamnya Titanic dan menewaskan seluruh orang di dalamnya.

Inilah akhir dari kisah pencarian yang telah menyedot perhatian publik. "Ini adalah ledakan kapal yang dahsyat," ujar Laksamana Muda John Mauger dari Penjaga Pantai Amerika Serikat (AS) seperti dilansir AP.

Para korban adalah CEO sekaligus pilot OceanGate Expedition Stockton Rush, miliarder Pakistan dan anaknya Shahzada Dawood dan Suleman Dawood; miliarder Inggris Hamis Harding; dan ahli Titanic Paul-Henri Nargeolet.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat