uefau17.com

Festival Film Wartawan Indonesia XII Diluncurkan Bertepatan dengan Peringatan Hari Film Nasional - ShowBiz

, Jakarta - Festival Film Wartawan Indonesia (FFWI) XII resmi diluncurkan pada 30 Maret 2022. Festival film yang seluruh juri dan panitianya merupakan wartawan film nasional, diluncurkan melalui pemotongan tumpeng di Gedung Pusat Perfilman Haji Usmar Ismail (PPHUI), Jakarta Selatan.

Acara peluncuran FFWI XII juga disiarkan melalui live streaming di saluran YouTube festivalwartawanid. Terasa lebih spesial, karena acara peluncuran FFWI XII dilakukan bertepatan dengan peringatan Hari Film Nasional (HFN).

"Alasan FFWI diselenggarakan bersamaan dengan HFN, karena antara sejarah film Indonesia, Usmar Ismail dan wartawan tidak dapat dipisahkan," kata Ketua Panitia FFWI, Wina Armada Sukardi.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bapak Perfilman Indonesia

Usmar Ismail, kata Wina, merupakan figur sentral perfilman nasional melalui namanya yang diusung sebagai Bapak Perfilman Nasional. 

"Bahkan tanggal lahirnya, yakni 30 Maret, menjadi rujukan penetapan Hari Film Nasional yang selalu kita peringati setiap tahunnya," Wina menjelaskan.

 

 

3 dari 4 halaman

Wartawan Handal

Usmar Ismail, tambah Wina, bukan semata sebagai sineas dan produser, tapi juga sebagai wartawan yang handal. Bahkan ia pernah menjadi Ketua Umum PWI.

"Dengan begitu jelas, wartawan merupakan bagian dari ekosistem perfilman Indoensia. Karena itu, FFWI XII diluncurkan hari ini bukan hanya tepat, tetapi juga relevan," dia menyatakan.

 

4 dari 4 halaman

Bersama Kemendikbud Ristek

Penyelengaraan FFWI tahun 2022 kembali bermitra dengan Direktorat Perfilman, Musik dan Media (PMM), Dirjen Kebudayaan, Kemendikbud Ristek RI. Direktur PPM, Ahmad Mahendra, menyambut baik penyelenggaraan FFWI XII tahun 2022, dan berharap ini menjadi salah satu bagian dari kemajuan perfilman Indonesia.

“Kami sangat mendukung FFWI XII, dan mengharap terus ada kemajuan, baik dalam kualitas penyelenggaraan maupun dalam produk pemenangnya,” kata Mahendra.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat