uefau17.com

Harapan Roy Ricardo untuk Perkembangan Musik Hip Hop Indonesia - ShowBiz

, Jakarta - Roy Ricardo merupakan musikus rap yang cukup dikenal di kalangan masyarakat dengan lagu "Panjat Sosial". Kecintaannya terhadap musik rap sudah dimulai sejak dirinya masih duduk di bangku SD. Roy mengungkapkan bahwa dirinya menuliskan 'penyanyi rap' sebagai cita-citanya pada buku tahunan saat masih duduk di bangku SD.

Menurut Roy Ricardo, saat ini musik hip hop di Indonesia sudah memiliki pasar yang terus meluas. Roy berharap ke depannya, pasar musik hip hop akan semakin besar.

Dulu, musik hip hop bisa dibilang merupakan jenis musik yang cukup sulit diterima di masyarakat. Oleh karena itu, banyak yang menggabungkan musik hip hop dengan genre musik lain seperti metal, rock, atau blues.

Namun, kini musik hip hop dan rap secara perlahan mulai menjadi mainstream dengan munculnya banyak penyanyi rap, baik di kancah lokal maupun internasional.

Roy Ricardo yang sempat menjadi juri di rap battle, mengatakan bahwa Indonesia memiliki banyak bakat musikus hip hop yang berkualitas dan potensial.

"Asal yang sudah di atas enggak sembarangan pakai power, digunakan untuk mengedukasi orang-orang,” ungkap Roy Ricardo dalam wawancara FB Live di kantor redaksi , di Jakarta, Senin (3/9/2018) lalu.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sikap Musisi Hip Hop di Media Sosial

Selain membahas mengenai perkembangan musik hip hop, Roy juga mengungkapkap soal idealismenya dalam bersikap di media sosial. Baginya, walaupun hip hop berasal dari budaya barat yang lebih terbuka, musisi hip hop lokal juga tetap harus memiliki budaya timur. 

"Harus bertanggung jawab atas apa yang kita omongkan. Omongan di tongkrongan beda sama di media sosial. Apalagi punya followers atau subscribers yang banyak," kata rapper berdarah Batak ini.

Idealisme ini Roy pegang agar usaha para musikus hip hop untuk meluruskan pandangan orang tentang musik hip hop tidak sia-sia, dan juga agar genre musik tersebut tidak dipandang sebelah mata.

3 dari 4 halaman

Rapper Harus Punya Karakter

Dalam beberapa kesempatan, adik Melaney Ricardo ini menjelaskan pentingnya memiliki ciri khas bagi seorang rapper.

Ciri khas ini tidak sekadar lewat jenis musiknya, tetapi juga dari warna suara, flow, pembahasan, fashion, hingga gaya hidup. Baginya, ciri khas ini menjadi sebuah paket lengkap.

"Enggak cuma jual musik, tapi jual lifestyle," ujar Roy Ricardo.

Menurutnya, penggemar datang bukan hanya semata-mata karena menikmati musik yang sama, tetapi juga memiliki gaya hidup yang sejalan.

4 dari 4 halaman

Pernah Duet dengan Kakak

Saat masih menjadi mahasiswa, Roy Ricardo pernah berduet dengan kakaknya, Melaney Ricardo. Karena memiliki kakak yang merupakan seorang pembawa acara, banyak orang yang mengecap Roy hanya ingin "menumpang nama" lewat kakaknya itu.

Oleh karena itu, Roy kemudian memutuskan untuk meniti kariernya sendiri demi membuktikan bahwa dirinya bisa menjadi seorang musikus rap tanpa dibayang-bayangi oleh karier kakaknya.

Selain itu, Roy juga terinspirasi oleh banyak rapper lokal sejak SD. Sebut saja Iwa K dan Saykoji. Idola-idolanya tersebut menjadi motivasinya untuk membangun karier sebagai penyanyi rap. Roy mengaku bahwa menjadi suatu kepuasan bagi dirinya karena kini bisa berada di dalam industri yang sama dengan idola-idolanya. (Felicia Margaretha/mgg)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat