uefau17.com

5 Rekomendasi Sekolah Animasi di Indonesia, Ada yang Gratis - Regional

, Yogyakarta - Saat ini, subsektor film, animasi, dan video (FAV) semakin banyak digemari. Bersamaan dengan itu, berbagai sekolah animasi di Indonesia pun semakin banyak bermunculan.

Subsektor FAV memang menjadi salah satu subsektor ekonomi kreatif yang dapat melahirkan SDM-SDM unggul. Mengutip dari kemenparekraf.go.id, berikut rekomendasi sekolah animasi di Indonesia:

1. DOES University

DOES University berlokasi di Godean, Sleman, Yogyakarta. Sekolah ini digagas oleh vokalis sekaligus bassist grup musik Endank Soekamti, Erix Soekamti.

Menariknya, DOES University yang merupakan sekolah nonformal adalah sekolah animasi gratis. Awalnya, sekolah ini awalnya hanya berfokus pada pelatihan animasi. Saat ini, DOES University telah memiliki delapan generasi dengan lima jurusan berbeda, di antaranya 3D Animation, 3D Modeling, Software Development, UI/UX Design, dan Cinematography.

2. Enspire School of Digital Art (ESDA)

Masih di area Yogyakarta, ada juga Enspire School of Digital Art (ESDA). Lembaga pendidikan yang sudah ada sejak 2013 ini didirikan oleh desainer visual efek, Andre Surya.

Ia pernah terlibat dalam pembuatan film Iron Man, Transformer, hingga Star Wars. Berfokus pada pendidikan animasi 3D, ESDA menawarkan bermacam-macam kelas, mulai dari animasi 3D, game design, hingga efek visual.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

HelloMotion Academy

3. HelloMotion Academy

HelloMotion Academy berlokasi di Tebet, Jakarta Selatan. HelloMotion Academy menawarkan kelas belajar animasi 2D maupun 3D, ilustrasi, hingga motion graphic.

Berdiri sejak 2004, HelloMotion Academy diperkirakan sudah meluluskan lebih dari 30.000 alumni yang sukses berkarier di industri kreatif. Salah satu mentor di HelloMotion Academy adalah Ade Putra Lestari yang memiliki pengalaman kerja dengan beberapa musisi Indonesia, seperti Raisa, D’Masiv, hingga Pusakata.

4. International Design School (IDS)

Berada di area Kemang, International Design School (IDS) menjadi sekolah animasi selanjutnya yang juga tak kalah menarik. Institusi pendidikan di bidang desain grafis, animasi, dan film ini memiliki program studi dengan jenjang pendidikan Diploma 1 (D1).

IDS juga memiliki kelas singkat yang fokus pada digital design, digital animation, digital film, user experience (UX), dan digital marketing. Sebagai salah satu sekolah internasional, IDS telah melahirkan banyak lulusan yang berkarya di kancah internasional, salah satunya Catharina Ellen Dian yang pernah terlibat dalam pembuatan film animasi Star Wars: The Clone Wars. 

5. KelasAnimasi

Tak hanya offline, ada juga sekolah animasi online yang bisa diikuti dari mana saja. Adalah KelasAnimasi yang memberikan materi melalui video.

KelasAnimasi memiliki tingkatan pelajaran yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, mulai dari level pemula, menengah, hingga lanjutan. Untuk mengikuti sekolah animasi di sini hanya perlu mengakses akun Instagram @kelasanimasi.com_official atau langsung melalui laman kelasanimasi.com.

 

Penulis: Resla

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat