uefau17.com

Makna di Balik Maskot 'Baraya' Pilwalkot Bandung 2024 - Regional

, Bandung - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung telah meluncurkan maskot dan jingle resmi Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwalkot) Bandung 2024 di Harris Convention Center, Minggu malam, 9 Juni 2024.

Ketua KPU Kota Bandung, Wenti Prihadianti menjelaskan, Maskot Pilwalkot Bandung 2024 disebut dengan Baraya singkatan dari Bara dan Aya yang memiliki makna Bandug Kasih Suara (Bara) dan Akur Sadayana (Aya).

Sedangkan, burung kicau cangkurileung (burung ketilang) sebagai ikonnya memiliki arti kebebasan. Artinya, masyarakat diberi kebebasan memilih pemimpin Kota Bandung 5 tahun ke depan sesuai hati nurani.

“Saatnya kita bersatu kembali dalam konteks kebangsaan. Kepentingan kita menjaga negara ini, dan wilayah kita, Kota Bandung,” ajak Wenti.

Selain maskot Pilwalkot, KPU Kota Bandung juga meluncurkan jingle untuk Pilwalkot 2024. Seniman dan musisi Doel Sumbang digandeng untuk menulis dan menyanyikan jingle ini. Acara ini dimeriahkan pula penampilan teatrikal, tari, serta juga penampilan dari Doel Sumbang.

Wenti berharap masyarakat Kota Bandung dapat mengikuti Pilwalkot 2024 dengan sukacita dan penuh kebahagiaan. Ia menilai, penyelenggaraan Pilkada/Pilwalkot 2024 harus berlangsung demokratis dengan mengedepankan asas Luber dan Jurdil.

“Mari jadikan proses ini sebagai perayaan demokrasi. Tidak hanya memilih pemimpin, melainkan juga implementasi dari demokrasi itu sendiri,” ujar Wenti.

Di tempat yang sama, Komisioner KPU Jawa Barat, Hedi Ardia menyebut, KPU sebagai penyelenggara pemilu punya peran strategis dalam menyukseskan gelaran Pemilu ataupun Pilkada/Pilwalkot.

Menurutnya, KPU punya tantangan besar untuk menjaga tren partisipasi pemilih di Pilwalkot agar tidak mengalami penurunan dibandingkan era Pilpres.

“Kita perlu menyadari fungsi kita mempromosikan dan membranding kegiatan Pemilu/Pilkada. Kita dorong publik untuk hadir ke TPS tanggal 27 November nanti,” ajak Hedi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Maskot Pilgub Jawa Barat

Sebelumnya, KPU Provinsi Jawa Barat sudah lebih dulu meluncurkan maskot dan jingle Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar (Pilgub) 2024, Senin, 25 Mei 2024.

Ketua KPU Jabar Ummi Wahyuni mengatakan, maskot Pilgub/ Wagub Jabar 2024 adalah 'Sili' dan 'Wangi', yang kalau dipadukan menjadi kata 'Siliwangi,' dengan karakter Harimau Bara, asli dari Jawa Barat.

"Maknanya menunjukkan kegagahan, kekuatan, sekaligus keramah tamahan masyarakat Jawa Barat," ucap Ummi.

Maskot ini merupakan hasil dari sayembara yang sebelumnya diadakan KPU Jabar. Maskot Sili dan Wangi merupakan gagasan Eman Sulaeman, yang dipilih KPU sebagai pemenang sayembara maskot.

Sementara terpilih jingle berjudul 'Suara untuk Jawa Barat,' merupakan karya Pradea Aldi sebagai pemenang sayembara.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat