uefau17.com

Gangguan Lebih 24 Jam, Listrik di Sumbar Kembali Normal - Regional

, Padang - Sistem kelistrikan di Sumatera Barat kembali normal setelah terjadi pemadaman bergilir lebih dari 24 jam akibat gangguan transmisi SUTET 275 KV Lubuk Linggau-Lahat, Sumatera Selatan pada Selasa (4/6/2024).

"Setelah berjibaku memulihkan kondisi sistem kelistrikan yang sempat gangguan, PT PLN menormalkan kembali 100 persen pasokan listrik yang menyuplai 1,7 juta pelanggan di Sumbar," General Manager PLN Unit Induk Distribusi Sumbar, Eric Rossi Priyo Nugroho, Kamis (6/6/2024).

Ia mengatakantakan listrik kembali dinikmati masyarakat Sumbar pada Kamis (6/6/2024) pukul 00.53 WIB.

Sebelumnya, pada Selasa (4/6/2024) terjadi gangguan pada jaringan transmisi SUTET 275 kV Linggau-Lahat, yang merupakan jaringan interkoneksi dan terhubung dengan sejumlah wilayah di Pulau Sumatra.

"Personel segera melakukan koordinasi dan penormalan bertahap mulai dari sisi pembangkitan, transmisi, distribusi hingga ke seluruh pelanggan," jelasnya.

Upaya penormalan melibatkan penanganan pada 215 penyulang tegangan menengah 20 kV yang menyuplai 11.720 gardu distribusi, dan 1,7 juta pelanggan.

"Penanganan ini tidak hanya memastikan pemulihan pasokan listrik, tetapi juga menjaga tingkat keselamatan dan kualitas pekerjaan yang optimal oleh petugas PLN untuk memastikan layanan kelistrikan kembali normal," ujarnya.

Saat ini, lanjutnya kondisi kelistrikan 1,7 juta pelanggan di wilayah Sumatera Barat telah kembali menyala. Ratusan pegawai PLN di seluruh unit telah memberikan usaha terbaik untuk menormalkan sistem kelistrikan yang sempat terganggu.

"PLN menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dialami masyarakat," ia menambahkan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat