uefau17.com

Daya Tarik Air Terjun Sedudo, Destinasi Wisata Indah di Nganjuk - Regional

, Bandung - Wisata alam di Indonesia memang tidak pernah ada habisnya mengingat banyaknya keindahan alam yang mempesona. Alam juga masih jadi destinasi favorit banyak orang yang ingin mencari ketenangan dan keindahan di tengah hiruk pikuknya perkotaan.

Pemandangan yang ditawarkan oleh alam memberikan pengalaman yang memukau dan memuaskan. Wisata alam juga menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan fisik dan mental seseorang.

Misalnya saja mengunjungi pegunungan yang menjulang tinggi, hutan yang rimbun, pantai dengan pasir putih, hingga air terjun yang menyejukan. Setiap lokasi alam tersebut mempunyai keindahannya masing-masing.

Menikmati alam juga menjadi tanda bersyukur kita pada indahnya ciptaan tuhan yang luar biasa. Selain itu, alam pun mempunyai daya tarik utama memberikan kedamaian dan ketenangan yang berbeda.

Pasalnya kita dijauhkan dari kebisingan kota dan mendapatkan kesempatan untuk merasakan ketenangan yang sulit ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan, bunyi aliran sungai menjadi suara yang indah dan menenangkan.

Terutama berlibur ke air terjun yang menyajikan ketenangan dengan perpaduan antara suara aliran sungai, angin yang melewati pepohonan, dan kicauan burung menjadi suara yang dinantikan.

Di Indonesia sendiri ada banyak sekali destinasi air terjun menarik yang bisa dikunjungi bersama pasangan atau rekan. Misalnya saja, Air Terjun Sedudo yang terkenal sebagai wisata alam cantik yang ada di Nganjuk.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sejarah Air Terjun Sedudo

Melansir dari beberapa sumber, Air Terjun Sedudo ternyata mempunyai sejarah tersendiri karena terdapat cerita rakyat menarik yang dipercaya oleh beberapa penduduk lokalnya yang diketahui kisah air terjunnya berkaitan dengan kisah tentang suatu keluarga.

Keluarga tersebut hidup di Desa Ngliman, Sawahan, Nganjuk dan terdiri dari Begawan, yang istrinya bernama Dewi Sri dan adik iparnya bernama Brata. Sosok keluarganya sangat disegani oleh masyarakat.

Bahkan keluarga ini disebut sebagai sesepuh dan panutan karena ketaatannya terhadap agama. Namun suatu ketika Brata mulai melakukan perbuatan tercela yang menghina keluarga hingga tidak peduli terhadap orang yang membutuhkan.

Karena tindakannya Begawan pun marah dan menasihati adik iparnya tersebut namun Brata tidak memperdulikannya dan memutuskan pergi dari rumah. Alhasil kakaknya Dewi Sri merasa sedih dan mencari adiknya setelah berdebat dengan suaminya.

Keluarganya yang mendadak jadi runyam membuat Begawan hidup sebagai duda dan mulai merenungi perbuatannya. Begawan pun memutuskan untuk membersihkan diri dan memohon petunjuk kepada Tuhan dengan bertapa di air terjun selamanya.

Sosok Begawan selalu terlihat sama seiring berjalannya waktu khususnya di bulan Muharram awal tahun Hijriah. Sehingga muncul mitos bahwa mandi di Air Terjun Sedudo dapat membuat seseorang lebih awet muda dan mendatangkan berkah.

3 dari 4 halaman

Lokasi dan Rute Air Terjun Sedudo

Air Terjun Sedudo berlokasi di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur atau di Jalan Sedudo, Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Lokasi air terjunnya bisa diakses dengan jarak sekitar 31 kilometer dari pusat Kota Nganjuk.

Wisatawan yang mendatangi air terjun ini akan dihadapi dengan rute perjalanan yang penuh dengan belokan dan tanjakan. Jika perjalanan dimulai dari Alun-Alun Nganjuk maka perjalanan bisa menuju Kampung Wilis atau Kampung Dalem.

Kemudian setelahnya dapat mengambil jalur ke arah Jalan Kediri-Nganjuk dan jalan ke arah Brebek. Selanjutnya wisatawan akan memasuki kawasan Jalan Raya Sedudo untuk kemudian tiba di air terjun tersebut.

Diketahui Air Terjun Sedudo memiliki ketinggian sekitar 105 meter dan letaknya berada di ketinggian 1.438 di atas permukaan laut. Tempat ini juga bisa dinikmati mulai dari pukul 7 hingga 4 sore.

4 dari 4 halaman

Daya Tarik Air Terjun Sedudo

Air Terjun Sedudo mempunyai segudang daya tarik yang tidak kalah indahnya dari air terjun lainnya. Berikut ini adalah beberapa daya tarik yang harus diketahui sebelum mengunjungi tempatnya:

1. Pemandangan yang indah

Air Terjun Sedudo menyimpan pemandangan yang indah karena memiliki ketinggian sekitar 105 meter. Airnya yang jatuh pun menampilkan pesonanya tersendiri terutama adanya pepohonan hijau di sekitar air terjunnya.

Para pengunjung juga dianjurkan menggunakan jaket karena udaranya yang dingin dan sejuk akan menyelimuti suasana di sekitar air terjunnya. Diketahui aliran Air Terjun Sedudo berasal dari lereng Gunung Wilis bagian timur.

2. Menikmati aktivitas bermain air

Pengunjung juga bisa bermain air di sekitar Air Terjun Sedudo karena terdapat area aman untuk bermain. Diketahui tempat ini juga sudah tertata dengan paving block sehingga tidak terlalu licin.

Beberapa area sungai dan kolam air juga telah menggunakan pagar pembatas untuk membuat pengunjung nyaman dan aman saat bermain air. Namun pastikan juga untuk tidak terlalu dekat dengan area jatuhnya air terjun dan tetap berhati-hati di sekitar airnya.

3. Berfoto

Pemandangan Air Terjun Sedudo yang indah sering menjadi spot berfoto bagi sebagian orang. Bahkan, terdapat beberapa spot untuk mengabadikan momen para wisatawan bersama latar pemandangan air terjunnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat