uefau17.com

Mengenal Kepulauan Derawan, Keindahan Surga Bawah Laut di Kalimantan - Regional

, Bandung - Menikmati wisata pada hari libur bisa dinikmati dengan berbagai cara salah satunya melakukan wisata alam atau mengintip indahnya pesona lautan di suatu daerah. Ketika berwisata di laut ada banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan.

Seperti di antaranya melaksanakan kegiatan diving atau snorkeling yang terkenal memberikan pengalaman unik kepada pecinta alam. Ketika melakukan aktivitas tersebut wisatawan bisa berpetualang melihat indahnya alam bawah laut yang ada.

Misalnya, melihat terumbu karang yang cantik, mengenal berbagai jenis ikan, hingga keanekaragaman laut lainnya. Kemudian menikmati keindahan bawah laut juga memberikan pengalaman yang tidak terlupakan.

Para wisatawan juga bisa mendapatkan pengalaman belajar yang berharga terkait ekologi laut dan mengapa manusia perlu menjaga laut dengan baik. Kemudian aktivitas diving atau hiking juga bisa membantu memberikan sensasi tidak terlupakan dan memicu adrenalin.

Bagi sebagian orang menikmati keindahan bawah laut juga bisa memberikan pengalaman yang tenang sehingga jadi relaksasi yang menarik. Kegiatan ini juga dapat membantu melepaskan diri dari stres.

Sebagai informasi menikmati wisata bawah laut selalu menjadi kegiatan wisata yang menawarkan segudang manfaat. Mulai dari pengalaman seru, memukau, relaksasi dan edukasi.

Wisata ini juga selalu ramai dikunjungi bagi orang-orang yang ingin menenangkan diri dari hiruk pikuknya perkotaan. Kemudian di Indonesia ada banyak surga tersembunyi yang menampilkan pesona bawah laut yang cantik salah satunya di Kepulauan Derawan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apa Itu Kepulauan Derawan?

Mengutip dari situs Dispar Kalimantan Timur Kepulauan Derawan merupakan kepulauan yang berada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Tempat ini terkenal dengan sejumlah obyek wisatanya yang memukau dan menyimpan surga bawah laut yang cantik.

Salah satu wisata yang terkenal di Kepulauan ini adalah Taman Bawah Laut yang selalu ramai dikunjungi wisatawan mancanegara dan penyelam kelas dunia. Kemudian kepulauan ini juga rumah untuk sejumlah satwa langka penyu hijau dan penyu sisik.

Bahkan, beberapa hari terakhir ini media sosial sempat diviralkan dengan video seorang warga yang dengan santai bisa memberi makan para penyu yang berukuran besar. Diketahui penyu tersebut bukan tinggal di penampungan atau penangkaran penyu tetapi di dekat dari rumah para warga lokal.

Tentunya dengan pemandangan tersebut, terbukti bahwa Kepulauan Derawan masih menyimpan banyak pesona alam yang indah. Serta rumah untuk beragam satwa laut yang bahkan dilindungi.

3 dari 4 halaman

Lokasi Kepulauan Derawan

Kepulauan Derawan berlokasi di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur dan mempunyai sekitar tiga kecamatan yaitu Pulau Derawan, Maratua, hingga Biduk Biduk, Berau. Diketahui pulau ini terdiri dari beberapa pulau indah.

Di antaranya Pulau Panjang, Pulau Raburabu, Pulau Samama, Pulau Sangalaki, Pulau Kakaban, Pulau Nabuko, Pulau Maratua dan Pulau Derawan, dan lain-lain. Kemudian terdapat empat pulau yang cukup terkenal yaitu Pulau Maratua, Derawan, Sangalaki, dan Kakaban.

Sebagai informasi Kepulauan Derawan juga memiliki beberapa ekosistem pesisir dan pulau kecil yang penting yaitu terumbu karang, padang lamun, hingga hutan bakau. Pulau ini juga menjadi rumah untuk sejumlah spesies yang dilindungi.

Misalnya saja, di Pulau Sangalaki terkenal juga sebagai tempat melestarikan biota laut terutama untuk habitat penyu hijau dan penyu sisik. Para wisatawan juga bisa melihat proses penetasan telur penyu dan melepaskan diri ke laut.

4 dari 4 halaman

Daya Tarik Kepulauan Derawan

Seperti dijelaskan sebelumnya ada banyak wisata menarik yang ada di Kepulauan Derawan namun dari artikel ini hanya memperkenalkan empat pulau populernya seperti berikut:

Pulau Derawan

Pulau Derawan merupakan pulau yang sudah populer menjadi destinasi wisata dan banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan. Di antaranya menyewa sepeda berkeliling pulau, bermain di pantai, hingga melihat penyu bertelur.

Melalui pulau ini wisatawan juga bisa menikmati waktu sunset hingga menyelam melihat keindahan bawah lautnya.

Pulau Maratua

Pulau Maratua termasuk dalam salah satu pulau yang memiliki fasilitas lengkap dan terdapat resor eksklusif. Diketahui ada banyak spot wisata menarik yang bisa dinikmati baik itu wisata dengan aktivitas trekking hingga hiking.

Pulau Sangalaki

Pulau Sangalaki terkenal sebagai pulau yang mempunyai resor eksklusif dan Taman Wisata Alam (TWA) untuk melestarikan biota laut terutama habitat penyu hijau dan penyu sisik. Pengunjung dapat melihat proses penetasan telur dan berenang bersama ikan pari manta.

Pulau Kakaban

Pulau Kakaban adalah pulau tidak berpenghuni yang mempunyai daya tarik danau air payau yang berada di tengah pulau. Bahkan danau ini juga terdapat ubur-ubur yang melalui evolusi sehingga kehilangan kemampuan menyengatnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat