uefau17.com

Hari Lingkungan Hidup Sedunia Diperingati Tiap 5 Juni, Ini 7 Cara Sederhana Merayakannya - Regional

, Yogyakarta - Hari Lingkungan Hidup Sedunia atau World Environment Day diperingati setiap 5 Juni. Ada banyak cara sederhana untuk merayakan peringatan ini.

Mengacu pada laman The United Nations Environment Programme (UNEP), tema besar Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024 adalah 'Restorasi Lahan, Penggurunan, dan Ketahanan Terhadap Kekeringan'. Sementara itu, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia mengusung tema 'Penyelesaian Krisis Iklim dengan Inovasi dan Prinsip Keadilan' pada Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024.

Berikut beberapa cara sederhana untuk merayakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia:

1. Menanam Pohon

Salah satu cara untuk berkontribusi dalam perayaan ini adalah dengan menanam pohon. Aksi ini sekaligus sebagai cara membangkitkan kesadaran tentang pentingnya alam dan penghijauan.

2. Membersihkan Lingkungan

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan membersihkan lingkungan dan membuang semua sampah. Selain di sekitar rumah, aksi ini juga bisa dilakukan bersama-sama di pantai hingga sungai.

3. Menerapkan 3R

Langkah sederhana yang juga bisa dijadikan kebiasaan berlanjutan adalah menerapkan 3R, yakni pengurangan limbah (reducing waste), penggunaan kembali (reusing), serta daur ulang sumber daya dan produk (recycling). Prinsip ini bisa dilakukan dengan cara memilih untuk menggunakan barang-barang dengan hati-hati dan bijaksana agar dapat mengurangi jumlah limbah yang dihasilkan, menggunakan barang atau bagian dari barang yang masih dapat digunakan, serta mengubah bahan limbah menjadi bahan dan benda baru.

4. Bijak dalam Menggunakan Perangkat Elektronik

Aksi kecil yang kerap dilupakan adalah dengan mematikan perangkat elektronik yang tak dipakai, salah satunya charger ponsel. Hal ini berpotensi menghemat pengeluaran dan dapat meningkatkan umur barang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5. Menghemat Air

Selain lebih bijak dalam menggunakan perangkat elektronik, penting pula untuk lebih menghemar penggunaan air. Sebaiknya matikan keran saat tidak digunakan, memperbaiki keran yang bocor, serta gunakan shower yang hemat air.

6. Menggunakan Produk Ramah Lingkungan

Pemilihan produk dan produsen ramah lingkungan menjadi hal wajar di era kekinian. Kepedulian atas isu lingkungan membuat banyak produsen memodifikasi sistem produksinya, sehingga bisa menjalani proses yang lebih ramah lingkungan.

Penting juga untuk mengurangi penggunaan plastik. Mulailah untuk membawa tas belanja sendiri, membawa botol minum sendiri, dan menghindari penggunaan sedotan plastik.

7. Berkampanye di Media Sosial

Penting untuk membagikan kesadaran menjaga lingkungan kepada orang lain melalui media sosial, terlebih saat peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024. Dengan cara ini, kesadaran terhadap lingkungan dapat tersebar lebih luas.

(Resla)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat