uefau17.com

Merayakan HUT ke-731 Surabaya dengan Berwisata, Simak Rekomendasinya - Regional

, Surabaya - HUT ke-731 Surabaya jatuh pada 31 Mei 2024. Berdekatan dengan akhir pekan, tak ada salahnya untuk ikut merayakannya dengan berwisata ke beberapa destinasi ikonisnya.

Meski jatuh pada akhir bulan, tetapi Pemerintah Kota Surabaya sudah menggelar sejumlah kegiatan sejak awal Mei, termasuk ruwatan dan pagelaran wayang kulit di Tugu Pahlawan Surabaya telah digelar. Dijuluki sebagai Kota Pahlawan, Surabaya merupakan salah satu kota besar di Indonesia. Tak heran jika kota ini memiliki banyak daya tarik wisata yang digandrungi masyarakat lokal maupun luar kota.

Merayakan HUT ke-731 Kota Surabaya, juga bisa dilakukan dengan berwisata keliling Surabaya. Mengutip dari berbagai sumber, berikut rekomendasi destinasi wisata Surabaya:

1. Ekowisata Mangrove Wonorejo

Berlokasi di Jalan Raya Wonorejo No.1, Wonorejo, Kecamatan Rungkut, Kota Surabaya, tempat wisata ini juga bisa menjadi destinasi menarik. Adalah Ekowisata Mangrove Wonorejo.

Berkunjung ke sini seolah seperti mendapat kesegaran di tengah cuaca Surabaya yang terik. Selain bisa menghirup udara segar, wisatawan juga bisa menyusuri hutan mangrove di atas jembatan kayu.

2. Jalan Kembang Jepun

Jalan Kembang Jepun di Surabaya menjadi surga bagi pencinta kuliner. Wisatawan akan dimanjakan dengan beragam kuliner khas Suranaya dan Tiongkok di sepanjang jalanan China Town-nya Kota Pahlawan ini.

Ada sekitar 200 pedagang yang menjajakan makanan dan minuman di sepanjang jalan ini. Selain itu, lokasinya juga semakin cantik karena dihiasi ornamen-ornamen khas Tiongkok di sekitarnya.

3. Kampung Arab

Kampung Arab berlokasi di Jalan Ampel Kejeron I No.4, RT.006/RW.02, Ampel, Kecamatan Semampir, Kota Surabaya. Saat berkunjung ke sini, wisatawan akan melihat keberagaman Indonesia.

Sesuai namanya, penghuni kampung ini mayoritas berasal dari Arab. Kampung Arab juga bisa menjadi tujuan wisata religi. Wisatawan bisa lebih mengenal budaya Arab, berburu suvenir, serta berbelanja pakaian, minyak wangi, hingga peralatan ibadah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kampung Bulak

4. Kampung Bulak

Kampung Bulak yang berada di Kenjeran, Kecamatan Bulak, Kota Surabaya ini merupakan perkampungan penuh warna. Rumah-rumah warga dicat warna-warni, sehingga menjadi tempat yang tepat untuk para wisatawan pemburu spot-spot Instagramable.

Bukan itu saja, Kampung Bulak letaknya dekat dengan Pantai Ria Kenjeran. Oleh sebab itu, wisatawan bisa sekaligus mengunjungi pantainya.

5. Kelenteng Sanggar Agung

Kelenteng Sanggar Agung berlokasi di Jalan Sukolilo No.100, Sukolilo Baru, Kecamatan Bulak, Kota Surabaya. Berlokasi di kawasan Pantai Ria Kenjeran menjadikan Kelenteng Sanggar Agung memiliki daya tarik tersendiri.

Wisatawan akan disuguhi dengan banyaknya patung-patung, seperti Dewi Kwan Im yang merupakan ikon kelenteng ini. Selain itu, ada juga patung Sha Nan dan Tong Nu serta patung naga yang meliuk.

6. Museum Sepuluh Nopember

Museum Sepuluh Nopember berlokasi di Jalan Pahlawan, Alun-alun Contong, Bubutan, Kota Surabaya. Destinasi wisata ini sangat cocok untuk wisatawan yang ingin mengetahui secara detail cerita tentang perjuangan masyarakat Surabaya saat melawan penjajah pada peristiwa 10 November 1945.

Museum ini merupakan gudangnya cerita dan bukti sejarah perjuangan para pahlawan tersebut. Wisatawan bisa melihat foto dan lukisan dari situasi zaman perang. Selain itu, ada juga benda koleksi dari bukti perjuangan Bung Tomo dan peralatan perang masyarakat Surobaya.

7. Patung Buddha Empat Rupa

Tak perlu jauh-jauh ke Thailand untuk melihat patung Buddha, karena di Kota Surabaya juga ada. Berada di kawasan Pantai Ria Kenjeran, Patung Buddha Empat Rupa menjadi daya tarik wisata tersendiri.

Patung ini memiliki empat rupa dengan delapan tangan. Beberapa orang mengatakan jika patung tersebut mirip dengan patung Buddha Thao Maha Phrom di Bangkok, Thailand.

 

Penulis: Resla

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat