uefau17.com

Kampus Tua di Makassar Ini Diam-Diam Bikin Kebijakan Unik Soal UKT - Regional

 

, Makassar Universitas Kristen Indonesia Paulus (UKI Paulus) yang merupakan salah satu kampus tertua di Kawasan Indonesia Timur ini diam-diam memberikan kebijakan unik menyangkut Uang Kuliah Tunggal (UKT).

Berbeda dengan kampus-kampus lainnya yang terang-terangan menaikkan besaran UKT tahun ini, UKI Paulus yang berlokasi tepatnya di Jalan Perintis Kemerdekaan Km.13, Daya, Kecamatan Tamalanrea, Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) justru memberikan subsidi sebesar Rp1 juta per semester untuk setiap program studi.

Rektor UKI Paulus, Profesor Dr. Agus Salim mengatakan kebijakan ini diambil dengan pertimbangan kondisi perekonomian masyarakat pasca pandemi Covid-19 yang belum pulih secara maksimal.

"Dan untuk meringankan proses pembayaran uang kuliah, UKI Paulus juga mengeluarkan kebijakan, di mana pembayaran UKT tersebut dapat diangsur sebanyak 4 kali setiap semester," ucap Prof Agus di Kampus UKI Paulus, Selasa (21/5/2024).

Bagi mereka yang ingin mendaftar tahun ini, dapat melakukan registrasi akun melalui portal pmb.ukipaulus.ac.id. Pendaftaran mahasiswa baru dilakukan melalui jalur reguler dan jalur prestasi (peringkat sekolah 1-3). 

"Jadwal pendaftaran mahasiswa baru untuk jalur reguler dibuka mulai bulan Januari Agustus 2024, sedangkan jalur prestasi dibuka bulan Januari - Mei 2024," terang Prof Agus.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Beri Ragam Fasilitas

Di tempat yang sama, Wakil Rektor I UKI Paulus, Profesor Dr. Yoel Pasae mengungkapkan, dalam menunjang proses perkuliahan, UKI Paulus telah menyiapkan berbagai fasilitas, mulai dari tenaga pengajar yang kompeten, sarana prasarana yang memadai, smart class, lingkungan akademik, beasiswa bagi mahasiswa terdiri dari beasiswa KIP, beasiswa afirmasi dan beasiswa kampus merdeka. 

Adapun metode pembelajaran yang digunakan oleh UKI Paulus, lanjut dia, melalui metode tatap muka, blended learning dan hybrid learning. 

Tak hanya itu, dengan mengikuti program merdeka belajar kampus merdeka, mahasiswa UKI Paulus juga dapat mengikuti program pertukaran mahasiswa dalam maupun luar negeri. 

"Berbagai kerjasama juga dilakukan oleh UKI Paulus baik di dalam maupun di luar negeri dengan universitas, institusi pemerintah, dunia usaha, dan berbagai lembaga sosial lainnya," ungkap Prof Yoel.

"UKI Paulus sendiri merupakan salah satu satu kampus tertua di kota Makassar yang berdiri tahun 1963 dengan status akreditasi institusi "B"," Prof Yoel menambahkan.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Wakil Rektor IV UKI Paulus, Profesor Dr. Liberthin Palullungan. Ia menyebutkan, UKI Paulus memiliki berbagai keunggulan dan telah memperoleh sejumlah prestasi baik di tingkat LLDIKTI Wilayah IX maupun di tingkat nasional diantaranya masuk dalam 10 besar Universitas Kristen Terbaik di Indonesia (uniRank 2023), peringkat 3 kategori Universitas di LLDIKTI Wilayah IX dan peringkat 4 Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di Sulawesi Selatan (Sulsel).

Selain itu, UKI Paulus sebut Prof Liberthin, juga merupakan Perguruan Tinggi Swasta dengan kinerja tertinggi dan pembelajaran daring terbaik, sebagai Perguruan Tinggi Swasta dengan persentase capaian jabatan fungsional akademik dosen tertinggi kategori universitas serta pemenang ide-ide terbaik Covid-19 INA IDEATHON.

Tak sampai di situ, menurut Prof Liberthin, UKI Paulus juga tercatat sebagai universitas yang banyak memenangkan hibah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dari Kemendikbudristek. 

"Tercatat sebanyak 20 hibah yang telah berhasil dimenangkan oleh UKI Paulus," ungkap Prof Liberthin. 

Sejumlah hibah yang dimenangkan tersebut, kata dia, diantaranya hibah kompetisi pembelajaran jarak jauh di prodi akuntansi, kompetisi hibah ideathon, hibah kompetisi Penerapan Teknologi Tepat Guna (PPTG), hibah kompetisi HKI, hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PK-KM) prodi akuntansi dan prodi teknik elektro, kompetisi hibah MBKM Pendamping Program SMK Pusat Keunggulan prodi akuntansi perpajakan, kompetisi hibah kinerja penelitian dan pengabdian.

"Juga ada kompetisi hibah fasilitas pembelajaran dari dikti berupa smart class, hibah kompetisi Institusional Support Sistem (ISS) serta hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PK-KM) Prodi Informatika," Prof Liberthin menandaskan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat