uefau17.com

Inspirasi 30 Ucapan Hari Pendidikan Nasional, Dirayakan Setiap 2 Mei - Regional

, Bandung - Hari Pendidikan Nasional atau Hardiknas dirayakan pada tanggal 2 Mei setiap tahunnya. Peringatan ini merupakan hari nasional yang ditetapkan sesuai dengan hari kelahiran Bapak Pendidikan Nasional, Ki Hadjar Dewantara.

Perayaan ini selalu diperingati oleh seluruh masyarakat Indonesia sebagai tujuan untuk mengapresiasi para pahlawan pendidikan. Kemudian juga menjadi refleksi untuk semua orang bahwa pentingnya pendidikan terutama untuk bangsa dan negara.

Melansir dari Surat Edaran Kemendikbudristek Nomor 11911/MPK.A/TU.02.03/2024 Perihal Pedoman Peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2024. Pada tahun ini tema yang diambil bertajuk “Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar”.

Diketahui tema tersebut dipilih untuk mengajak seluruh elemen bangsa termasuk di antaranya pendidik, peserta didik, dan masyarakat luas untuk bisa saling membantu dalam mewujudkan transformasi pendidikan yang ada di Indonesia.

Sebagai informasi Hari Pendidikan Nasional ditetapkan pada tanggal 2 Mei berdasarkan hari lahir Bapak Pendidikan Nasional, Ki Hadjar Dewantara. Sosoknya dikenal sebagai orang yang kritis terhadap kebijakan pemerintah kolonial Belanda terutama terkait pendidikan.

Ki Hadjar Dewantara memiliki nama asli Raden Mas Soewandi dan lahir pada tanggal 2 Mei 1889. Sosoknya pernah menentang kebijakan pendidikan pemerintah Hindia Belanda yang hanya memperbolehkan anak-anak orang kaya atau kelahiran Belanda yang bisa bersekolah.

Akibat hal tersebut, Ki Hadjar Dewantara juga pernah diasingkan ke Belanda bersama dua rekannya yaitu Ernest Douwes Dekker dan Tjipto Mangunkusumo. Ketiga tokoh tersebut dijuluki sebagai Tiga Serangkai.

Setelah Ki Hadjar Dewantara pulang ke Indonesia pada 3 Juli 1922, ia mendirikan sebuah lembaga pendidikan bernama Taman Siswa. Kemudian, saat Indonesia merdeka, sosoknya dipilih menjadi Menteri Pendidikan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Inspirasi 30 Ucapan Hari Pendidikan Nasional

1. Selamat Hari Pendidikan Nasional! Pendidikan merupakan kunci untuk membuka pintu masa depan yang lebih cerah.

2. Pada hari ini seluruh masyarakat tengah merayakan Hari Pendidikan Nasional, perayaan ini penting untuk membentuk generasi masa depan yang tangguh serta cerdas.

3. Pendidikan merupakan investasi terbaik bagi seseorang terutama untuk anak-anak kita di masa depan, dengan pendidikan anak-anak bisa menjadi generasi cerdas dengan masa depan yang cerah! Selamat Hari Pendidikan Nasional!

4. Pada Hari Pendidikan Nasional ini mari kita terus berkomitmen dalam mendukung serta memperjuangkan hak setiap individu terutama anak-anak untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas.

5. Selamat Hari Pendidikan Nasional! Pendidikan merupakan panggilan untuk memberdayakan, mencerahkan, serta jalan utama untuk mengubah dunia lebih cerdas.

6. Hari Pendidikan Nasional merupakan moment berharga dalam merayakan bidang pendidikan tentang pentingnya pendidikan untuk setiap negara dan generasi.

7. Selamat Hari Pendidikan Nasional! Mari kita terus perjuangkan pendidikan yang merata untuk semua anak termasuk generasi di masa mendatang.

8. Pada hari ini kita semua bisa bersama-sama mengingat bahwa setiap individu memiliki hak untuk mendapatkan akses pendidikan yang berkualitas tanpa diskriminasi, Selamat Hari Pendidikan Nasional!

9. Selamat Hari Pendidikan Nasional! Mari kita terus bangun pendidikan ini menjadi lebih bagus untuk masyarakat yang cerdas dan kritis.

10. Selamat Hari Pendidikan! Semoga kita semua terutama para pendidik selalu diberi kekuatan dalam mencapai pendidikan yang berkualitas.

3 dari 4 halaman

Ucapan Berikutnya

11. Pendidikan bukan hanya tentang pengetahuan tetapi juga tentang membentuk karakter serta nilai-nilai moral seseorang, Selamat Hari Pendidikan untuk generasi yang cemerlang!

12. Selamat Hari Pendidikan Nasional! Mari kita ucapkan terima kasih kepada seluruh guru atas dedikasi mereka dalam mendidik dan membimbing generasi masa depan untuk lebih berkualitas.

13. Pendidikan termasuk dalam hak asasi manusia yang harus dijamin untuk semua orang tanpa terkecuali, semua orang berhak untuk mendapatkan pendidikan agar di masa mendatang terbentuk masyarakat yang cerdas, Selamat Hari Pendidikan Nasional!

14. Selamat Hari Pendidikan Nasional! Mari kita wujudkan impian setiap anak untuk bisa selalu mendapatkan akses pendidikan yang berkualitas.

15. Pendidikan adalah kekuatan yang membebaskan. Mari kita terus berjuang untuk memberikan kesempatan yang sama bagi semua anak untuk belajar, Selamat Hari Pendidikan Nasional!

16. Hari Pendidikan Nasional adalah momen untuk memperkuat komitmen kita dalam memajukan dunia pendidikan menuju arah yang lebih baik, mari rayakan hari ini dengan penuh kebahagiaan!.

17. Pada Hari Pendidikan Nasional ini, mari kita renungkan peran penting pendidikan dalam membangun fondasi yang kokoh bagi masa depan bangsa.

18. Selamat Hari Pendidikan Nasional! Mari kita jadikan pendidikan sebagai prioritas utama dalam pembangunan bangsa.

19. Pendidikan adalah kunci untuk mengatasi berbagai masalah sosial dan ekonomi. Mari kita bersama-sama berjuang untuk menciptakan dunia yang lebih adil dan sejahtera.

20. Selamat Hari Pendidikan Nasional! Mari kita tingkatkan kolaborasi antara semua pemangku kepentingan untuk mencapai tujuan bersama dalam bidang pendidikan.

4 dari 4 halaman

Ucapan Berikutnya

21. Selamat Hari Pendidikan Nasional! Mari kita terus menginspirasi, membimbing, dan mendukung generasi muda untuk meraih impian mereka.

22. Pendidikan adalah investasi jangka panjang yang memberikan hasil yang berkelanjutan bagi individu dan masyarakat. Selamat Hari Pendidikan Nasional!

23. Pada Hari Pendidikan Nasional ini, mari kita refleksikan bagaimana kita dapat berperan aktif dalam meningkatkan kualitas pendidikan di sekitar kita.

24. Selamat Hari Pendidikan Nasional! Mari kita jadikan setiap hari sebagai kesempatan untuk belajar dan tumbuh lebih baik.

25. Pendidikan adalah tanggung jawab bersama. Mari kita semua bersatu untuk menciptakan sistem pendidikan yang berkualitas di Hari Pendidikan Nasional tahun ini!

26. Pendidikan mempunyai peran yang penting terutama bagi generasi bangsa di masa mendatang, mari kita buat pendidikan yang berkualitas dalam perayaan Hari Pendidikan tahun ini!

27. Selamat Hari Pendidikan Nasional! Mari kita terus mendukung perkembangan pendidikan yang berkelanjutan dan memberikan akses mudah bagi masyarakat terutama anak-anak.

28. Selamat Hari Pendidikan Nasional! Pendidikan adalah kunci untuk membuka pintu kesempatan yang lebih luas. 

29. Pendidikan merupakan kunci penting untuk suatu negara agar memiliki masyarakat yang cerdas dan berkualitas, Selamat Hari Pendidikan Nasional!

30. Selamat Hari Pendidikan Nasional! Mari kita rayakan dunia pendidikan dengan mengapresiasi para pahlawan pendidikan mulai dari guru dan tokoh-tokoh penting lainnya!

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat