uefau17.com

Silaturahmi Lebaran, Kenali Bahaya Mencium Bayi Sembarangan - Regional

, Bandung - Hari Lebaran telah tiba. Seluruh umat muslim merayakannya dengan gembira dengan berkumpul bersama keluarga besar. Tak lupa berbagai kunjungan dengan kerabat dan sahabat dilakukan pula. Saling berjabat tangan dan memaafkan satu dengan yang lainnya.

Silaturahmi dilakukan agar tetap terjaga persaudaraan. Namun di balik itu ada beberapa pantangan yang harus diingat oleh setiap orang. Bayi yang baru lahir memang menggemaskan. Selalu ada dorongan untuk mencubit atau mencium pipinya ketika bertemu. Namun, kebiasaan ini harus dikurangi, karena Anda bisa menimbulkan beberapa penyakit pada bayi tersebut.

Pantangan ini menjadi tantangan tersendiri kala lebaran ini. Jika Anda berkesempatan bersafari ke sanak saudara atau tetangga yang memiliki bayi baru lahir kala lebaran, kebiasaan ini harus dikurangi.

Dicuplik dari laman Good Doctor, Senin, 8 April 2024, bayi merupakan makhluk yang rentan. Mereka bisa tertular berbagai penyakit dari orang tua, pun demikian dari orang asing yang tidak diketahui kesehatannya ataupun kebersihannya.

Dr Dean Blumberg dari University of California Davis Children’s Hospital menyebut orang tua harus ekstra waspada jika bayi mereka masih berusia beberapa bulan.

"Sistem imun mereka akan bertambah kuat dan matang seiring usia mereka bertambah," ucap dia.

Anak-anak, kata dia, rentan terhadap infeksi berat di usia satu bulan. Para bayi secara spesifik bisa terkena infeksi serius di 3 bulan pertama masa kehidupan mereka dengan beberapa gejala yang timbul.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

5 Jenis Penyakit yang Rentan Menyerang Bayi

Ada berbagai penyakit yang bisa timbul pada bayi kalau Anda sembarang mencium dan mencubit pipi mereka. Di antaranya adalah:

1. Herpes Simpleks

Adna bisa menularkan penyakit ini kepada bayi lewat ciuman ke pipi mereka. Penyakit ini disebabkan oleh virus herpes simpleks tipe 1 (HSV 1) dan biasanya akan menimbulkan bintik melepuh kecil di sekitar bibir dan mulut.

Bintik ini juga bisa menyebar ke area wajah lain, seperti hidung, pipi dan dagu. Karena itu, Anda harus menahan diri untuk menyentuh bayi jika memiliki penyakit ini.

2. Sakit Pernapasan

Bayi bisa terkena sakit pernapasan karena respiratory syncytial virus (RSV). Virus ini akan menyebabkan paru-paru bayi infeksi, membuatnya kesulitan bernapas.

Penyakit ini sangat menular. Karena itu agak sulit untuk menahan anak kecil, terutama bayi terinfeksi penyakit ini. Apalagi, virus ini bisa menyebar melalui ciuman ke pipi bayi.

3. Reaksi Alergi

Alergi makanan tidak hanya berasal dari bahan makanan yang masuk ke tubuh saja. Terkadang, kandungan gluten di dalam lipstik yang Anda pakai bisa menyebabkan reaksi alergi ini timbul pada bayi yang dicium.

Selain gluten, bahan-bahan makanan lain yang bisa menjadi alergen pun terkadang tidak Anda sadari bisa menimbulkan reaksi alergi pada bayi.

4. Risiko Kanker

Produk perawatan wajah atau skincare mengandung zat kimia yang berbahaya bagi bayi, lho! Anda mungkin tidak sadar, tapi paparan zat kimia pada bayi yang masih sensitif bisa meningkatkan risiko kanker pada mereka.

5. Penyakit Tangan, Kaki dan Mulut

Penyakit ini biasanya muncul pada usia anak-anak. Gejala yang timbul antara lain luka yang bermunculan di sekitar tubuh dan mulut. Penyakit ini bisa timbul karena kontak fisik langsung, termasuk dari ciuman di pipi.

 

3 dari 3 halaman

Tata Krama Bersilahturami Saat Lebaran

Supaya Anda tidak berisiko menularkan penyakit pada bayi saat berkunjung di hari raya lebaran ini, ada baiknya mengikuti berbagai tips berikut ini:

- Pastikan tangan Anda bersih: Berbagai penyakit bisa ditularkan lewat sentuhan. Untuk itu, pastikan tangan bersih, baik dengan mencuci tangan ataupun menggunakan hand sanitizer sebelum menyentuh bayi.

- Selalu bawa hand sanitizer: Hand sanitizer bisa membunuh kuman penyebab penyakit di tangan. Memastikan tangan Anda bersih bukan hanya baik untuk bayi saja, tapi juga memastikan diri Anda dan orang-orang sekitar terhindar dari penyakit.

- Jangan sentuh wajah: Jangan tersinggung jika beberapa orang tua melarang anak mereka dicium sembarang di pipi. Untuk itu, jika memang Anda gemas, cobalah menyentuh atau mencium bayi tersebut di kakinya.

- Jangan berkunjung jika sakit: Ada baiknya Anda tidak memaksakan diri keluar rumah atau bersafari ke tetangga dan sanak saudara ketika sedang sakit, apa pun jenis penyakit yang dialami.

Demikianlah berbagai penyakit yang bisa tertular pada bayi karena sentuhan. Selamat berlebaran. Mohon maaf lahir dan batin.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat