uefau17.com

Mengenal Fakta-Fakta Menarik Tahun Kabisat - Regional

, Bandung - Tahun 2024 ini menjadi salah satu tahun yang merupakan tahun kabisat dan tahun kabisat hanya terjadi dalam empat tahun sekali. Selain itu tahun kabisat memiliki jumlah hari lebih panjang satu hari yaitu 366 hari sedangkan pada tahun biasa berjumlah 365 hari.

Tahun kabisat menjadi fenomena langka dalam kalender dan menjadi bagian penting dalam penanggalan yang digunakan di seluruh dunia. Melansir dari Space Place Nasa secara singkat tahun kabisat berbeda dengan tahun biasa karena dalam setahunnya terdapat 366 hari.

Selain itu, tahun kabisat hanya dihitung setiap empat tahun sekali dan pada bulan Februari memiliki 29 hari bukan 28 hari. Melansir dari Britannica, kehadiran satu hari kabisat dalam kalender Gregorian sudah ada sejak ribuan tahun silam.

Kala itu dimulai dari masa Ptolemeus II Euergetes yang pernah mencoba namun kemudian gagal menerapkan skema tersebut di abad ke-3 SM. Namun dari waktu ke waktu skemanya mulai disempurnakan.

Sampai akhirnya pada 46 SM terdapat kalender Julian yang memperkenalkan hari kabisat setiap empat tahun sekali. Namun kalender tersebut memiliki masalah dengan perhitungan yang digunakan dan menyebabkan adanya perbedaan pendapat selama beberapa abad.

Kemudian diperkenalkan sistem kalender Gregorian yang memperbaiki konsep tahun kabisat di tahun 1582. Dalam kalender Gregorian selisihnya disesuaikan dengan menambahkan satu hari tambahan yang hanya ada pada tahun-tahun abad yang habis dibagi 400 atau 4 sehingga lahir hari kabisat.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fakta Menarik Tahun Kabisat

Melansir dari beberapa sumber terdapat beberapa fakta menarik yang harus diketahui tentang kehadiran tahun kabisat seperti berikut ini:

1. Masalah yang muncul jika dunia tidak ada hari kabisat

Hari kabisat memiliki peran yang penting dan jika tidak dimasukkan dalam kalender maka bisa memunculkan sejumlah masalah terutama kapan peristiwa-peristiwa besar akan terjadi. Salah satu contohnya adalah kacaunya jadwal kapan para petani menanam atau bagaimana musim-musim yang biasa terjadi.

Melansir dari AP seorang instruktur Fisika di Universitas Alabama di Birmingham menuturkan jika tidak ada hari kabisat maka setelah beberapa ratus tahun akan mengalami musim panas di bulan November atau perayaan natal yang jatuh di musim panas.

“Tanpa tahun kabisat setelah beberapa ratus tahun kita akan mengalami musim panas di bulan November. Natal akan jatuh pada musim panas, tidak akan salju, tidak akan ada natal,” kata Younas Khan.

2. Orang yang lahir pada tahun kabisat

Seseorang yang lahir di tahun kabisat biasanya tidak bisa merayakan hari lahir setiap tahunnya. Meskipun begitu, usia mereka tetap dihitung per hari bukan per empat tahun sehingga tahun kabisat menjadi sangat istimewa.

Kemudian orang-orang yang lahir pada tahun kabisat tergolong langka karena diperkirakan hanya 4,1 juta orang di seluruh dunia yang dilahirkan pada tanggal 29 Februari.

3 dari 4 halaman

Fakta Menarik Tahun Kabisat

3. Sebagai pembulatan hari

Melansir dari Space Place Nasa dijelaskan jika penambahan satu hari di tahun kabisat diberikan pada bulan Februari. Sehingga di tahun biasa bulan ini hanya memiliki 28 hari sementara di tahun kabisat memiliki 29 hari.

Perhitungan tersebut ternyata sudah dibuat demikian untuk bisa menggenapi perhitungan kalender sehingga menjadi akurat. Pasalnya jika setiap tahun dibulatkan maka dalam empat tahun akan kekurangan satu hari, tahun baru bisa menjadi lebih awal.

Sementara itu bumi membutuhkan waktu sekitar 24 jam atau satu hari untuk berputar pada porosnya. Melalui proses pergerakan bumi terhadap matahari tahun tidak memiliki hari yang pasti.

Maka dari itu, hampir setiap tahunnya di kalender masehi dibulatkan menjadi 365 hari meski demikian sisanya tidak hilang. Karena sebagai pengganti hari tersebut ditambahkan satu hari ke kalender masehi yang terjadi setiap empat tahun.

4 dari 4 halaman

Fakta Menarik Tahun Kabisat

4. Ciri dari tahun kabisat

Tahun kabisat memiliki beberapa ciri di antaranya tahun kabisat memiliki jumlah 366 hari dalam setahun. Kemudian tahun kabisat juga memiliki total hari di bulan Februari sebanyak 29 hari lebih satu hari dari tahun biasa yang hanya memiliki 28 hari saja.

Selain itu ciri lainnya jika secara perhitungan tahun kabisat dapat habis dibagi 400 atau dapat habis dibagi 4. Maka dari itu tahun 2024 termasuk dalam tahun kabisat dan biasanya tahun kabisat hanya terjadi dalam empat tahun sekali.

5. Budaya dan kepercayaan di tahun kabisat

Tahun kabisat juga memiliki sejumlah budaya hingga kepercayaan yang menarik di beberapa negara. Misalnya saja di Rusia memiliki kepercayaan bahwa tahun kabisat membawa cuaca yang aneh dan di Skotlandia memiliki kepercayaan bahwa tahun kabisat bukan tahun yang baik.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat