uefau17.com

Gunung Marapi Erupsi, Puluhan Pendaki Dievakuasi - Regional

, Agam - Puluhan pendaki Gunung Marapi yang terletak di Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, dievakuasi akibat erupsi pada Minggu 3 Desember 2023 sekitar pukul 14.54 WIB.

Plh Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat, Eka Damayanti mengatakan total pendaki yang naik ke Gunung Marapi sebanyak 70 orang, yakni 57 orang dari pintu masuk Batu Palano dan 13 orang lainnya dari Koto Baru.

"Itu data dari sistem booking online per hari ini," katanya, Minggu (3/11/2023).

Eka menyampaikan, pada pukul 16.55 WIB, pendaki yang naik dar Koto Baru semuanya sudah turun, sementara yang naik dari Batu Palano terpantau baru turun 15 orang.

Pihaknya saat ini sedang mengupayakan evakuasi terhadap pendaki lainnya yang masih belum turun dan juga berusaha menghubungi para pendaki.

"Semoga semuanya selamat dan aman," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lontarkan Abu Vulkanik

Gunung Marapi yang terletak di Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat mengalami erupsi pada Minggu 3 Desember 2023, sekitar pukul 14.54 WIB.

Petugas Pengamat Gunung Marapi, Ahmad Rifandi menyampaikan tinggi kolom letusan teramati lebih kurang 3.000 meter di atas puncak (sekitar 5891 m di atas permukaan laut).

"Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal ke arah timur. Saat laporan ini dibuat, erupsi masih berlangsung," jelasnya, (3/12/2023).

Rifan menyampaikan erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 30 mm dan durasi sementara ini ± 4 menit 41 detik.

Pihaknya mengeluarkan rekomendasi masyarakat di sekitar Gunungapi Marapi dan pengunjung atau wisatawan tidak diperbolehkan mendaki Gunung Marapi pada radius 3 kilo meter dari kawah/puncak.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat