uefau17.com

Bisa Jadi Referensi Liburan Nataru, Ini Lokasi Wisata di Purwakarta dengan Konsep Camping Ground - Regional

, Purwakarta - Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, ternyata punya banyak lokasi wisata yang mengusung konsep camping ground. Mungkin, bisa jadi referensi untuk liburan Natal dan Tahun Baru nanti. Sebut saja salah satunya, kawasan wisata Bungursari Lake Park yang berlokasi di Kecamatan Bungursari.

Pengelola Bungursari Lake Park, Hadi Ibnu menjelaskan, kawasan wisata ini baru dibuka pada 2022 lalu. Konsep yang diusung, kata dia, lebih ke wisata alam. Terdapat suguhan lengkap yang disiapkan pengelola untuk kawasan wisata ini, termasuk untuk kegiatan camping bersama keluarga.

"Kami juga menyediakan fasilitas susur alam dengan menaiki perahu naga yang kita siapkan di danau sekitar kawasan Bungursari Lake Park," ujar Hadi di Kabupaten Purwakarta, belum lama ini.

Dia menjelaskan, kawasan wisata ini berada di lahan seluas 3 hektare. Sebelumnya, kawasan wisata ini merupakan lokasi galian C. Namun, setelah ditata sedemikian rupa kawasan tersebut kini menjelma menjadi lokasi wisata yang bisa menjadi referensi bagi para pecinta wisata alam.

Menurut dia, selain bisa menikmati panorama alam yang sangat eksotis di lokasi ini para pengunjung bisa menikmati beberapa fasilitas lainnya termasuk family camp. Tapi, bukan hanya area camping ground saja yang jadi daya tariknya. Karena, di lokasi ini juga terdapat banyak spot-spot foto yang Instagramable.

"Selain paket camping komplit, di kita juga terdapat beberapa spot foto yang yang menarik, seperti pohon menyala, jembatan apung, susur sawah, replika rumah adat, hingga tersedia kafe Kopi Awi dan paket-paket nge-Grill BBQ," jelas dia.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fasilitas Komplit dengan Konsep Alami

Selain areal camping ground dan wahana perahu naga, kata Hadi, di lokasi ini juga telah disiapkan beberapa titik gazebo untuk bersantai para pengunjung. Selain itu, juga tersedia areal khusus untuk kegiatan atau aula dengan kapasitas 100 orang.

"Untuk areal ini, biasanya dipakai untuk kegiatan outing class atau seminar. Selama ini, yang datang ke sini kebanyakan pelajar dan komunitas," kata dia.

Hadi menambahkan, berkunjung ke kawasan wisata Bungursari Lake Park dijamin tak akan merogoh kocek terlalu dalam. Karena, tarif masuknya hanya Rp15.000 per orang untuk hari-hari biasa. Serta, Rp25.000 per orang untuk weekand.

"Masuk ke kawasan ini, pengunjung bisa camping, ngopi dan ngadem dengan suguhan panorama alam yang indah," tambah dia.

Sementara itu, Kepala Bidang Pariwisata Disporaparbud Kabupaten Purwakarta, Dodi Samsul Bahri menuturkan, pihaknya bersyukur karena pesona alam di wilayahnya ini bisa turut mengundang investor untuk mengembangkan usahanya.

Menurut dia, topografi Purwakarta yang kebanyakan berupa daearah perbukitan, memang sangat mendukung untuk mereka yang berniat membangun destinasi wisata baru.

"Alhamdulillah, saat ini di Purwakarta sudah banyak tempat eksotis yang bisa dikunjungi untuk berwisata. Tak hanya di pusat kota, lokasi-lokasi indah ini juga tersebar di wilayah yang dulunya bisa dikatakan sangat jarang dijamah," ujar dia.

 

3 dari 3 halaman

Referensi Lain Wisata dengan Konsep Camping Ground

Dodi menambahkan, selain Bungursari Lake Park, di Kabupaten Purwakarta juga masih banyak terdapat wosata alam yang mengusung konsep camping ground lainnya. Misalnya, Bukit Kemiri yang lokasinya ada di Kampung Cihideung, Desa Pasawahan Kecamatan Pasawahan.

Untuk diketahui, lokasi wisata tersebut merupakan salah satu yang lagi ngehits apalagi di kalangan milenial. Selain panorama alamnya yang sangat eksotis, di lokasi ini para pengunjung bisa menikmati beberapa wahana lain.

Adapun fasilitas pendukung lain di wisata ini, diantaranya ada cafe, playground, mushola, toilet, kantin dan area parkir cukup luas. Tentunya, seluruh fasilitas yang tersedia itu lebih mengutamakan kenyamanan para wisatawan.

Untuk masuk ke areal Bukit Kemiri ini, pengunjung tak perlu ngerogoh kocek terlalu dalam. Tiket masuk ke kawasan ini, hanya Rp 20.000 per orang. Kemudian, untuk yang ingin bermalam tiket masuknya Rp 35.000 per orang.

Namun, harga tiket masuk tersebut belum termasuk biaya lain untuk bisa menikmati fasilitas lainnya. Misalnya, untuk menyewa tenda kebutuhan camping kapasitas dua orang, itu dikenakan biaya Rp 100.000.

Eits, tapi jangan salah. Tenda yang disiapkan ini sudah termasuk disediakan dua sleeping bed dan lampu loh. Adapun tarif lain untuk menikmati wahana lain di kawasan ini bisa langsung ditanyakan ke pihak pengelola saat di lokasi.

Itulah beberapa wisata alam yang mengusung konsep camping ground di Kabupaten Purwakarta. Mungkin lokasi wisata tersebut bisa jadi referensi untuk berlibur bersama keluarga di momentum Natal dan Tahun Baru nanti.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat