uefau17.com

Kusuma Wardhani Meninggal Dunia, Ini Deretan Prestasi Atlet Panahan Srikandi Indonesia - Regional

, Yogyakarta - Atlet panahan legendaris Indonesia Kusuma Wardhani meninggal dunia pada Minggu (12/11/2023). Kabar duka ini disampaikan melalui akun Instagram resmi Persatuan Panahan Indonesia.

Sepanjang kariernya di cabang olahraga panahan, Kusuma Wardhani telah menorehkan sejumlah prestasi yang berhasil mengharumkan nama Indonesia dalam berbagai ajang bergengsi. Ia juga merupakan salah satu dari pembuka pintu medali di kancah Internasional bagi Indonesia bersama dua rekan seprofesinya.

Melansir laman resmi NOC Indonesia, Kusuma Wardhani lahir pada tanggal 20 Februari pada 1964. Ia merupakan legenda panahan Indonesia yang lahir di Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Kusuma Wardhani berhasil merebut medali pertama untuk kontingen Indonesia di Olimpiade Seoul 1988 yaitu medali perak. Medali itu didapatkannya di bawah bimbingan atlet panahan senior Donald Pandiangan.

Tidak sendiri, kemenangan tersebut diraih bersama atlet panahan lain, Nurfitriyana Saiman dan Lilies Handayani. Berkat prestasi itu, ketiganya dijuluki sebagai Trio Srikandi Panahan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prestasi Lainnya

Kusuma Wardhani juga pernah meraih medali perak Asian Games 1990. Empat tahun kemudian pada 1994, Kusuma Wardhani kembali meraih juara dengan membawa pulang medali perunggu di Asian Games.

Selain itu, Kusuma Wardhani aktif berkontribusi di ajang SEA Games. Diketahui dirinya memberikan sebanyak tujuh medali emas, empat medali perak, dan tiga medali perunggu untuk Indonesia.

Pencapaian Kusuma Wardhani itu diabadikan dalam sebuah film berjudul 3 Srikandi pada tahun 2016. Dalam film itu, Kusuma Wardhani diperankan oleh aktris Tara Basro.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat