uefau17.com

Festival Dahau dan Kemeriahan Pesta Budaya di Kutai Barat - Regional

 

, Kutai Barat - Festival Dahau adalah kegiatan tahunan yang rutin dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Kutai Barat di setiap peringatan hari ulang tahun kabupaten tersebut. Dahau menjadi acara paling ditunggu masyarakat Kutai Barat.

Dahau bukan sekedar festival, namun menjadi pesta rakyat yang selalu dinantikan. Kemeriahannya selalu dirindukan.

Bupati Kutai Barat FX Yapan secara resmi membuka seluruh rangkaian kegiatan Festival Dahau Sendawar dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Kutai Barat ke-24 pada Senin (23/10/2023) malam lalu di Taman Budaya Sendawar.

Pembukaan ditandai dengan pemukulan gendang oleh Bupati FX Yapan, didampingi Wakil Bupati H Edyanto Arkan dan jajaran Forkopimda Kutai Barat. Tema yang dipilih tahun ini adalah Melalui Peringatan Dahau Kutai Barat Ke-24 Tahun, Kita Bersyukur Dan Mendukung Pembangunan IKN Di Provinsi Kalimantan Timur.

Bupati Kutai Barat FX Yapan mengungkapkan bahwa Festival Dahau menjadi evaluasi atas pencapaian pembangunan ekonomi kerakyatan di Bumi Tanaa Purai Ngerimaan.

“Karena sesuai tujuan Dahau ini adalah untuk memperingati Hari Jadi Kutai Barat, di samping itu momen ini sebagai evaluasi atas apa yang sudah kita lakukan selama ini, termasuk untuk mengembangkan ekonomi kerakyatan di Bumi Tanaa Purai Ngerimaan,” ucapnya.

Selain itu Festival Dahau Sendawar semakin meriah dengan partisipasi dari UMKM dan UKM. Dengan turut memamerkan berbagai produk olahan dan kerajinan tangan pada Pameran Festival Dahau Sendawar yang berada di setiap bawah bangunan rumah adat lamin. Sehingga diharapkan terjadi perputaran ekonomi pada momen festival dahau.

“Kalau kita lihat animo masyarakat yang datang melihat UKM dan UMKM kita di tempat pameran ini luar biasa. Mudah-mudahan perputaran uang dalam momen ini bisa lebih baik lagi, karena dulu itu sampai miliaran rupiah,” sebut FX Yapan.

Selain itu ditengah gelaran Festival Dahau sendawar diwacanakan akan kedatangan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada tanggal 3 November nanti.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat