uefau17.com

Cerita Bripka Hakim Ternak Kambing Perah, Diminati Supplier Pabrik Susu Ternama - Regional

, Pemalang - Peternakan kambing perah adalah salah satu usaha yang digeluti Bripka Lutfil Hakim, seorang anggota Polri yang berdinas di Propam Polres Pemalang, selain dijual ke reseller, susu kambing yang diproduksi dari peternakannya juga diburu supplier salah satu pabrik pengolahan susu bubuk ternama, Jumat (13/10/2023).

“Kambing perah di peternakan kami berjumlah 150 ekor, rata-rata produksi susu kambing sekitar 1.000 liter per bulan,” kata Bripka Lutfil Hakim.

BACA JUGA: VIDEO: Dianggap Janggal, Kapolri Minta Propam, Irwasum, dan Bareskrim Turun Tangani Kasus Vina

“Untuk menjamin kualitas susu kambing agar layak konsumsi, kami mengundang Dinas Kesehatan Kabupaten Pemalang secara rutin, dalam pengujian kualitas susu dan memberikan bantuan pengobatan untuk kesehatan kambing,” ujarnya.

Selain untuk menambah penghasilan keluarga, ia juga membuka usaha peternakan kambing tersebut untuk membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat di sekitar tempat tinggalnya.

“Kebetulan saya hidup di desa, jadi selain untuk menambah penghasilan keluarga, saya ingin peternakan kambing ini bisa bermanfaat untuk warga sekitar,” kata Bripka Luthfil Hakim.

Usaha peternakan kambingnya diberi nama Family 5+, karena usaha peternakannya dapat berjalan dengan lancar hingga sekarang berkat peran keluarga, yakni dirinya bersama istri dan tiga orang anaknya.

“Sedangkan simbol plus, adalah simbol keberadaan karyawan, rekan kerja, rekan bisnis dan konsumen yang sudah kami anggap sebagai keluarga sendiri,” kata Bripka Lutfil Hakim.

Bripka Lutfil Hakim mengatakan, karyawan yang bekerja di peternakannya, bertugas untuk membantunya dalam memberikan pakan kambing dan membersihkan kandang.

“Bersama karyawan, kami membersihkan kandang dua kali sehari setiap pagi dan sore, termasuk wadah pakan agar sisa pakan tidak menumpuk dan lembab,” kata Bripka Lutfil Hakim.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kegiatan Produktif di Luar Kedinasan

“Juga memberikan pakan hijauan yang kami tanam sendiri, seperti rumput odot, pakchong, indigofera, kaliandra juga selong,” ucapnya.

Hakim mengaku bersyukur, sampai saat ini usaha peternakan kambingnya dapat berjalan dengan lancar, kurang lebih selama 6 tahun semenjak tahun 2017 yang lalu.

“Jenis kambing perah yang ada di peternakan kami, diantaranya jenis kambing Sanen, Sapera, Etawa dan juga Jawa Randu,” kata kata dia.

Kapolres Pemalang AKBP Yovan Fatika Handhiska Aprilaya melalui Kabag SDM Kompol Pranata mengatakan, Bripka Lutfil Hakim adalah satu anggotanya yang memiliki kegiatan positif di luar dinas, dalam mendukung program pemerintah terkait penguatan ketahanan pangan.

“Hasilnya cukup bagus, baik bagi dirinya sendiri untuk meningkatkan perekonomian keluarga, juga bagi masyarakat, karena dia merekrut masyarakat sekitar untuk menjadi pekerja,” kata Kompol Pranata.

“Dan tentu kegiatan positif ini kami dukung penuh, karena Bripka Lutfil Hakim menjalani usahanya peternakannya dengan baik, tanpa meninggalkan tugas pokoknya sebagai anggota polri,” imbuhnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat