uefau17.com

Giliran Pesawat Kedatangan Terdampak Asap Karhutla Kalsel, Pendaratan Dialihkan - Regional

, Banjarbaru - Asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kalimantan Selatan (Kalsel) kembali mengganggu penerbangan di Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin di Banjarbaru, Sabtu pagi (16/9/2023). Kali ini bukan penerbangan keberangkatan melainkan pesawat kedatangan.

Stakeholder Relation Manager Bandara Syamsudin Noor, Iwan Risdianto membenarkan jika gangguan penerbangan akibat asap karhutla kembali terjadi. Satu penerbangan terpaksa melakukan divert atau dialihkan pendaratannya ke Bandara Internasional Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur.

“Karena kabut asap satu penerbangan menuju bandara Syamsudin Noor dialihkan sementara ke bandara Sepinggan yakni Super Air Jet, dari Surabaya ke Banjarmasin,” kata Iwan Risdianto di grup WhatsApp.

Dia menyebutkan jika penerbangan Super Air Jet itu seharusnya mendarat pukul 8.40 Wita. Kemudian saat memberikan informasi tersebut pada pukul 10.23 Wita, penerbangan sudah berjalan normal.

Manajer Operasi Airnav Indonesia Cabang Banjarmasin, Rusli menyebutkan jika dampak asap karhutla ini tidak hanya pada pesawat Super Air Jet. Ada dua pesawat lainnya juga terdampak sehingga melakukan penundaan mendarat hingga puluhan menit berputar-putar di wilayah bandara.

“Ini berdampak pada tiga pesawat, khususnya kedatangan, sekitar pukul 06.40 sampai dengan 09.00 jarak pandang hanya sekitar 500 meter bahkan kurang,” kata Rusli kepada .

Menurutnya pesawat Super Air Jet 634 dari Surabaya yang dialihkan ke Sepinggan itu diperkirakan kedatangannya pada pukul 08.31 Wita. Sempat melakukan penanganan pendaratan atau holding sekitar 10 menit.

Kedua pesawat lainnya yakni, pertama Batik Air 6213 dari Jakarta, kedatangannya diperkirakan pukul 08.26 Wita baru bisa mendarat pukul 9.07 Wita. Penundaan mendarat sekitar 40 menit.

Kemudian yang kedua yakni Lion Air 522 dari Jogja, diperkirakan kedatangannya pukul 08.46 Wita baru bisa mendarat sekitar pukul 09.10 Wita. Penundaan sekitar 24 menit.

 

Simak Video Pilihan Ini:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat