uefau17.com

Deretan Ide Bisnis Mendulang Cuan pada Hari Kemerdekaan Indonesia - Regional

, Yogyakarta - Menjelang perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia, banyak pelaku usaha yang memanfaatkan momen ini untuk menambah pendapatan. Tingginya antusiasme warga membuat para pelaku usaha selalu menantikan momen bersejarah bagi bangsa Indonesia ini.

Banyak warga yang akan mencari berbagai pernak-pernik atau jasa yang bertema kemerdekaan. Berikut beberapa ide bisnis pada Hari Kemerdekaan 17 Agustus yang menguntungkan:

1. Menjual bendera dan pernak-pernik dekorasi

Hari Kemerdekaan identik dengan pengibaran bendera merah-putih. Tak hanya di depan rumah, bendera merah putih juga menghiasi setiap kampung untuk menambah kemeriahan perayaan 17 Agustus.

Pada momen ini, kamu bisa menjual bendera merah-putih plastik yang banyak digunakan untuk dekorasi. Selain bendera, kamu juga bisa menjual aneka pernak-pernik lainnya bertema merah-putih, seperti umbul-umbul, balon, lampion, serta hiasan pita merah-putih. Kamu juga bisa menjual hiasan dinding bertema Pancasila, pigura Pancasila, pahlawan, hingga tokoh negara.

2. Penyewaan kostum adat/profesi dan tata rias

Salah satu cara memaknai kemerdekaan adalah dengan mengikuti pawai. Para peserta pawai biasanya mengenakan kostum tertentu, seperti pakaian adat atau kostum profesi.

Selain untuk memperkenalkan pakaian adat, hal ini juga bertujuan untuk memahami keberagaman, menunjukkan keindahan budaya, dan menjaga kelestarian budaya. Kamu bisa memanfaatkan momen ini dengan membuka jasa penyewaan kostum. Sediakan berbagai model, ukuran, dan jenis baju, terutama baju adat dan profesi untuk anak-anak.

3. Jasa merias atau makeup

Selain menyewakan kostum, kamu juga bisa sekaligus membuka jasa merias atau makeup. Para orang tua yang anak-anaknya mengikuti pawai biasanya akan mencari jasa penyewaan kostum sekaligus jasa merias.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menjual Merchandise

4. Menjual merchandise bertema Indonesia

Ide bisnis lain yang bisa dicoba di Hari Kemerdekaan adalah menjual merchandise bertema Indonesia. Kamu bisa menjual berbagai produk, mulai dari kaus, jaket, topi, tas belanja, payung, jam dinding, hingga masker.

5. Jasa fotografi dan videografi

Momen penting akan lebih berharga jika diabadikan dalam kumpulan foto maupun video. Banyak orang yang akan mencari jasa fotografer maupun videografer untuk mengabadikan momen, baik saat upacara, perlombaan, pawai, maupun acara kemerdekaan di berbagai skala.

6. Jasa desain dan percetakan

Jasa percetakan sekaligus desain dipastikan akan mendapatkan keuntungan berlipat sepanjang Agustus. Menjelang Hari Kemerdekaan, biasanya jasa percetakan dan desain akan mendapatkan banyak sekali pesanan untuk plakat, piagam, spanduk, hingga umbul-umbul dari berbagai instansi swasta maupun pemerintah.

7. Menjual piala dan medali

Perayaan HUT RI identik dengan berbagai perlombaan. Oleh sebab itu, menjual piala dan medali pada momen ini akan menjadi sebuah peluang usaha yang menguntungkan.

8. Bisnis kuliner

Perayaan Hari Kemerdekaan akan diisi dengan berbagai kegiatan, seperti upacara bendera, lomba, acara konser musik, dan sebagainya. Dalam perayaan itu, para peserta maupun panitia akan mencari camilan maupun jajanan yang bisa dinikmati sambil bersenang-senang.

Kamu bisa menjual jajanan yang mudah dibuat dan diolah, seperti sosis goreng, corndog, telur gulung, serta aneka minuman yang menyegarkan. Agar lebih menarik, kamu juga bisa menjual menu khas bertema kemerdekaan, misalnya es merah putih dan jajanan tradisional.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat