uefau17.com

5 Fakta Menarik di Konser Suga D-Day The Final, dari Menangis sampai Membocorkan Letak Tato Persahabatan - Regional

, Yogyakarta - Suga BTS telah menggelar encore show untuk konser D-Day bertajuk 'D-Day The Final'. Konser penutupan yang digelar selama tiga hari berturut-turut tersebut menyisakan sejumlah fakta menarik.

Selama beberapa bulan ke belakang, Suga telah menyelesaikan 25 konser tur solonya di beberapa negara. Hingga akhirnya, ia menggelar konser penutupan di KSPO Dome pada 4-6 Agustus lalu yang melengkapi rangkaian 28 konser turnya.

Berikut sejumlah momen tak terlupakan selama tiga hari konser 'D-Day The Final':

1. Hadirkan Tamu Spesial dari Member BTS

Selama tiga hari, Suga juga menghadirkan tiga tamu spesial dari member BTS. Pada hari pertama, Suga menghadirkan Jungkook untuk berduet bersamanya dalam lagu 'Burn It'. Aksi panggung Jungkook kemudian disambung dengan penampilan solonya melalui lagu 'Seven'.

Adapun di hari kedua, giliran Jimin yang berduet dengannya di lagu 'Tony Montana'. Sejak 2016, penampilan live lagu ini sangat dinantikan oleh para ARMY.

Sementara pada hari ketiga, leader BTS, RM, naik ke atas panggung dan mengisi bagiannya di lagu 'Strange' bersama Suga. Penampilan RM semakin spesial karena setelah itu ia menyanyikan lagu baru yang masih jadi rahasia karena belum resmi dirilis.

2. Sisipkan Lagu 'Dear My Friend'

Lagu 'Dear My Friend' berada di album mixtape kedua Suga atau Agust D, 'D-2'. Lagu kolaborasi Agust D dengan Kim Jong Wan NELL ini menceritakan tentang kisah teman masa kecilnya saat berada di Daegu, Korea Selatan.

Tak hanya bernostalgia, dalam lagu ini juga menggambarkan penyesalan Suga. Idol Kpop ini menyesal tak bisa menyelamatkan temannya yang memiliki ambisi sama seperti dirinya.

Temannya tersebut telah memilih jalan lain hingga akhirnya dipenjara. Lagu ini tergolong spesial karena sangat personal baginya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menangis

3. Suga Menangis di Lagu 'Snooze', 'Dear My Friend', dan 'Amygdala'

Saat menyanyikan lagu 'Snooze', Suga tampak sudah tak sanggup lagi menahan air matanya. Ia tetap berusaha keras untuk bernyanyi.

Namun, tangisnya justru tak berhenti hingga di dua lagu selanjutnya, yaitu 'Dear My Friend' dan 'Amygdala'. Ketiga lagu tersebut memang menjadi lagu yang cukup personal baginya. Lagu 'Snooze' bagi Suga membuatnya kembali ke mimpi masa lalu yang kini telah tercapai.

"Aku biasanya tidak menangis, tapi saat tampil tadi aku tidak bisa menahannya karena para sunbaenim (senior) datang. Sebelumnya aku punya banyak mimpi saat menonton para senior, tapi sekarang aku sudah jadi sunbaenim, makanya aku menangis," kata Suga dalam siaran live-nya.

Lagu selanjutnya juga cukup emosional baginya, yaitu 'Dear My Friend'. Sementara itu, lagu 'Amygdala' juga memiliki makna yang tak kalah personal baginya.

'Amygdala' diciptakan Suga di sela-sela 'BTS In The Soop' musim kedua. Lagu yang menjadi salah satu tracklist di album 'D-Day' ini menceritakan tentang ingatan traumatisnya, seperti operasi jantung sang ibu, kecelakan tragis yang membuat bahunya cedera hingga sekarang, diagnosis kanker ayahnya, serta masalah kesehatan mental yang sempat membuatnya hampir menyerah.

"Ada sesuatu yang disebut amigdala. Otak kamu menyimpan semua kenangan tidak menyenangkan di amigdala," ujar Suga kepada Jimin dalam tayangan 'BTS In The Soop' musim kedua.

Sisi traumatis Suga juga tergambar dalam musik video 'Amygdala'. Sayangnya, musik video tersebut dibatasi oleh YouTube karena dinilai memuat konten bunuh diri dan menyakiti diri sendiri.

4. Suga Akhirnya Membocorkan Letak Tato Persahabatan 7

Masing-masing member BTS memiliki tato persahabatan berupa angka '7' berukuran sangat kecil. Selama ini hanya keenam member saja yang telah membocorkan letak tatonya, sedangkan Suga belum pernah membocorkannya.

Hal ini membuat para ARMY membuat prediksi tentang letak tato di tubuh Suga. Namun, hal mengejutkan dilakukan oleh Suga di konser 'D-Day The Final' hari ketiga.

Secara spontan, Suga akhirnya memberikan kejutan kepada ARMY dengan menunjukkan tato tersebut. Tato persahabatan '7' milik Suga berada di bahu bagian belakang, tepatnya di dekat luka bekas operasi cedera bahunya.

5. Kehadiran Jin dan J-Hope

Saat ini, dua member BTS, Jin dan J-Hope, sedang menjalani wajib militer (wamil). Ternyata, keduanya rela mengambil cuti untuk menyaksikan konser Suga 'D-Day The Final' di hari ketiga. Keduanya yang kompak mengenakan topi ini asyik menyaksikan Suga di barisan bangku penonton.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat