uefau17.com

Daftar Penting Perlengkapan Bayi Baru Lahir, Orangtua Baru Wajib Tahu - Regional

, Yogyakarta - Mempersiapkan kelahiran si kecil merupakan hal yang ditunggu para orangtua. Bagi pasangan yang baru menunggu kelahiran anak pertama, tentu akan semakin antusias menyambut si kecil dengan melakukan berbagai persiapan.

Tak hanya persiapan mental dan finansial, berbagai kebutuhan dan perlengkapan bayi juga harus dipersiapkan menjelang persalinan. Namun, tak semua perlengkapan bayi wajib dibeli.

Untuk lebih menghemat, pastikan untuk membeli barang dan kebutuhan tertentu yang benar-benar dibutuhkan. Mengutip dari berbagai sumber, berikut beberapa perlengkapan bayi baru lahir:

1. Popok dan perlengkapan mengganti popok

Popok menjadi salah satu perlengkapan wajib yang dimiliki bayi. Kamu bisa memilih popok kain maupun popok sekali pakai.

Umumnya, bayi baru lahir perlu mengganti popok selama 10-12 kali dalam sehari. Pastikan memilih popok dengan bahan lembut dan berkualitas untuk menghindari ruam pada kulit bayi.

Selain popok, kamu juga perlu menyiapkan berbagai perlengkapan mengganti popok, salah satunya bola kapas atau waslap yang diletakkan di dalam wadah berisi air untuk membersihkan feses bayi dari area genitalnya.

Selain itu, kamu juga wajib menyiapkan tisu basah khusus mengganti popok bayi, krim ruam popok, perlak atau alas yang tidak tembus air, serta ember, plastik, atau tempat sampah khusus untuk popok sekali pakai.

2. Baju dan celana bayi

Pilih pakaian bayi berbahan lembut dan mudah menyerap keringat. Selain itu, pastikan memilih bahan yang elastis dan tidak ketat agar mudah saat berganti pakaian.

Kamu bisa memilih pakaian dengan kancing atau ritsleting bagian depan agar lebih mudah saat memakai atau melepaskannya. Untuk bayi baru lahir, setidaknya kamu bisa menyiapkan beberapa set pakaian bayi, seperti 6-10 jumpsuit, 3 atasan berkancing, 5-7 legging atau celana melar, 2 baju hangat, serta 6-10 kaus dalam.

Tak perlu membeli terlalu banyak karena biasanya bayi akan mengalami pertumbuhan yang cepat. Kamu bisa memilih pakaian bayi yang memang dikhususkan untuk bayi usia 0-3 bulan atau 0-6 bulan.

3. Topi, sarung tangan, dan kaus kaki

Selain pakaian, kamu juga membutuhkan beberapa aksesori lainnya, seperti topi, sarung tangan, dan kaus kaki. Topi, sarung tangan, maupun kaus kaki berguna untuk melindungi kepala bayi dari panas maupun dingin.

Selain itu, sarung tangan juga berguna untuk mencegah bayi menggores wajah dengan kukunya yang masih panjang dan tajam. Namun, cukup gunakan aksesori ini di waktu-waktu tertentu saja agar anak tetap bisa bereksplorasi dengan tangan dan kakinya. Cukup siapkan sekitar 5-7 topi dan 6-10 pasang sarung tangan dan kaus kaki.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perlengkapan Tidur

4. Perlengkapan tidur

Agar bayi nyaman saat tidur, kamu juga perlu menyiapkan beberapa perlengkapan tidur bayi. Cukup siapkan perlak, kain bedong kelambu, dan box bayi beserta matras.

5. Perlengkapan mandi

Memandikan bayi baru lahir perlu dilakukan dengan cara yang tepat. Para ahli menyarankan agar bayi baru lahir dimandikan dengan cara dilap memakai air hangat, setidaknya sampai masa lepasnya tali pusar bayi.

Adapun perlengkapan mandi untuk bayi baru lahir yang perlu dibeli adalah bak mandi khusus bayi, handuk khusus bayi, alas tahan air atau perlak, waslap, serta sabun dan sampo khusus bayi. Selain itu, beberapa skincare bayi juga akan diperlukan, seperti bedak lotion, lotion pelembab, baby oil, dan minyak telon.

6. Tas bayi atau diapers

Salah satu perlengkapan penting yang harus dimiliki adalah tas bayi atau diapers. Tas ini sangat berguna untuk membawa popok, tisu basah, botol, hingga baju ganti saat akan melahirkan, kontrol ke dokter, dan bepergian bersama si kecil.

7. Bib atau celemek bayi

Bayi baru lahir umumnya akan sering gumoh. Selain itu, air liur bayi juga kerap keluar, sehingga akan membuat pakaian basah. Untuk menghindari hal ini, kamu bisa menyiapkan bib atau celemek bayi agar pakaian di kecil tetap bersih.

8. Gunting kuku dan sisir

Bayi baru lahir belum bisa mengontrol pergerakan tangan dan kakinya. Hal ini membuat bayi rentan menggores kulit wajahnya sendiri yang akan menyebabkan luka.

Oleh sebab itu, siapkan gunting kuku khusus bayi untuk mencegahnya. Selain itu, sisir khusus bayi juga diperlukan untuk merapikan rambut si kecil setelah dimandikan.

 

3 dari 3 halaman

Gendongan Bayi

9. Gendongan bayi

Bayi baru lahir biasanya suka digendong karena akan membuatnya lebih nyaman dan hangat. Jadi, siapkan gendongan bayi yang dapat menopang kepala bayi tanpa menutupi wajahnya.

10. Detergen bayi

Hal yang sangat penting saat membeli perlengkapan bayi baru lahir adalah mencuci semua pakaian bayi sebelum dikenakan si kecil. Hal itu untuk menghindari bakteri atau kuman yang menempel di pakaian.  Cucilah pakaian bayi dengan detergen khusus untuk baju bayi. Terpenting, pilih detergen yang tidak mengandung pewangi untuk mengurangi risiko iritasi pada bayi.

11. Perlengkapan menyusui ibu dan bayi

Menyusui menjadi aktivitas penting bagi ibu dan bayi. Beberapa perlengkapan menyusui pun perlu disiapkan untuk mendukung ibu maupun bayi.

Beberapa perlengkapan yang wajib ada, di antaranya pompa ASI, wadah ASI perah, nursing apron atau kain penutup saat menyusui, bra khusus menyusui, nursing pad atau bantalan pada payudara untuk menyerap ASI yang bocor. Adapun untuk bayi yang tidak menyusu langsung dari ibu juga membutuhkan cup feeder atau botol bayi dan peralatan pembersih botol bayi, seperti sikat botol dan sabun khusus pencuci botol bayi.

Selain itu, untuk berjaga-jaga jika bayi nantinya meminum susu formula, kamu juga perlu menyiapkan termos untuk menyimpan air panas. Selain itu, botol kontainer susu untuk memisahkan susu per porsi juga sangat dibutuhkan.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat