uefau17.com

Akhir Pekan Bermain Dengan Beragam Ikan Unik di Taman Laut Olele Teluk Tomini - Regional

, Gorontalo - Bagi warga Gorontalo yang bingung mau menghabiskan waktu libur akhir pekan, punya rekomendasi tempat yang cocok bagi kalian. Namanya taman Bawah Laut Olele.

Taman laut yang terkenal dengan keindahannya ini, berada di Teluk Tomini, Desa Olele, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango (Bonebol) Gorontalo.

Keindahan kekayaan bawah laut Olele memang sudah lama diminati para penyelam dari berbagai kalangan. Destinasi wisata olele merupakan wisata bawah laut populer di Gorontalo yang memiliki kekayaan alam.

Bawah laut serta keindahan terumbu karang yang memanjakan mata membuat taman laut olele sangat istimewa. Dengan keindahannya itu, setiap bulannya tidak kurang seribu orang mengunjungi destinasi wisata bawah laut Olele.

Pantai Olele yang berpasir putih sangat dekat dengan pemukiman warga. Tapi jarak yang dekat tersebut tidak membuat perairan di sekitarnya tercemar.

Airnya yang jernih, terumbu karangnya yang masih terjaga dengan baik, membuktikan bahwa warga sekitar masih peduli dan mengerti potensi kekayaan yang ada di desa mereka.

Karang yang memiliki warna-warni nan cantik, siap menyambut siapapun yang menceburkan diri ke perairan Taman Laut Olele. Di kedalaman dua meter, kita disuguhkan dengan hamparan koral yang berjajar rapi.

Letak taman laut olele yang berada di sebuah teluk, membuat air laut di sekitar begitu tenang. Jadi terbilang aman bagi para menyelam atau snorkeling hingga ke dasar karang yang dangkal.

Di taman laut ini banyak spot penyelaman dengan karakteristik yang berbeda. Spot itu adalah Jinn Cave, Traffic Circle, Honeycomb, dan Muck Dive. Dan yang menjadi favorit para penyelam adalah Jinn Cave.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Keunikan Taman Laut Olele

Di taman laut ini terdapat sponge coral endemik yang tidak ditemukan di perairan manapun. Bagi para penyelam yang menyukai binatang kecil dan fotografi makro, banyak jenis nudibranch shrimp yang menggemaskan seperti anemone shrimp, saron shrimp.

Pengunjung, Kalvin mengaku, sangat bangga dengan kekayaan bawah laut Olele yang tidak jauh bedanya dengan taman laut lainnya.

"Taman laut Raja Ampat tidak kalah menarik dengan olele. Hanya berjarak 20 kilometer dari Kota Gorontalo kita sudah bisa menikmati itu," kata Kalvin.

Selain nyaman dan cocok untuk keluarga, di pinggir pantai kita dapat menikmati pondok-pondok kecil yang disediakan khusus untuk pengunjung.

"Peralatannya selam juga lengkap untuk kita sewa dan gunakan saat menyelam. Ada pemandu wisata yang juga ramah," ujarnya.

Salah satu pengelola taman laut Olele, Eman mengatakan, setiap hari libur, pengunjung pun meningkat. Apalagi saat libur akhir pekan tiba, mereka pasti menyewa perahu kaca untuk melihat taman bawah laut tanpa harus menyelam

"Libur akhir pekan memang puncaknya. Banyak juga yang sewa perahu untuk melihat bawah laut. Turis luar negeri juga banyak yang datang," ia menandaskan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat