uefau17.com

Hari Cokelat Internasional, Berikut 5 Fakta Menarik yang Wajib Anda Ketahui - Regional

, Jakarta - Cokelat merupakan salah satu bahan makanan atau minuman yang mayoritas digemari orang mulai dari yang muda hingga tua di belahan dunia mana pun. Bahkan, cokelat juga diyakini dapat membantu memperbaiki mood seseorang karena mengandung komponen feniletilamin.

Melihat banyaknya penggemar makanan atau minuman berbahan cokelat, tak heran bila terdapat Hari Cokelat Internasional atau hanya Hari Cokelat, yang diperingati setiap tahunnya.

Hari Cokelat dirayakan setiap 7 Juli, sebagian orang menganggap perayaan itu sebagai peringatan diperkenalkannya cokelat ke Eropa pada tahun 1550.

Lalu, apa saja fakta-fakta menarik mengenai Hari Cokelat? berikut ulasannya:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Diperingati Tiap 7 Juli

Hari Cokelat Sedunia diperingati sebagai salah satu cara mengenang sejarah cokelat dan bagaimana makanan lezat ini bisa terkenal di seluruh dunia. Sebelumnya, cokelat yang merupakan hasil olahan dari biji kakao hanya tersedia di wilayah tertentu, yakni Amerika Tengah.

Setelah ditemukan oleh penjajah Eropa, cokelat yang walanya hanya dikenal oleh bangsa Maya dan Aztec lalu mulai diperkenalkan ke berbagai negara Eropa dan menjadi favorit dari banyak orang. Perayaan ini sendiri baru mulai diperkenalkan pada tahun 2009.

 

 

3 dari 6 halaman

Amerika Rayakan Hari Cokelat Lebih dari Satu Kali

Selain merayakan Hari Cokelat Sedunia yang jatuh pada tanggal 7 Juli, Amerika Serikat merayakan beberapa hari cokelat lainnya, yakni pada 13 September.

Selain itu, Amerika Serikat masih memiliki hari khusus untuk merayakan cokelat, yakni Hari Cokelat Nasional yang dirayakan dua kali setahun, pertama pada 28 Oktober dan kemudian lagi pada 28 Desember.

 

 

4 dari 6 halaman

Awal Mula Cokelat Dikenal Dunia

Pada 1519, Kaisar Aztec Montezuma menyajikan minuman berbahan dasar cokelat yang disebut Xocolātl kepada penjelajah Spanyol Hernán Cortés. Kemudian ia membawa minuman itu kembali ke Spanyol dan bereksperimen dengan menambahkan berbagai macam rempah seperti vanila, kayu manis, dan gula untuk meningkatkan rasanya.

Kemudian pada 1600-an, minuman ini menjadi populer di Perancis dan juga Inggris. Namun, cokelat yang padat baru diciptakan pertama kali pada 1800-an.

 

 

 

5 dari 6 halaman

Cokelat Sangat Dihargai Sejak Dahulu

Bangsa Maya dan Aztec menganggap minuman cokelat sebagai minuman para dewa. Jadi, saat itu, nilai cokelat dan biji kakao sangatlah tinggi.

Masyarakat biasa dari bangsa Maya dan Aztec bahkan menggunakan biji kakao sebagai mata uang, jadi hampir tidak mungkin mereka mengolahnya menjadi minuman untuk dikonsumsi sendiri. Saat itu, hanya keluarga kerajaan, pemuka agama, dan orang-orang kayalah yang bisa mengonsumsi cokelat secara rutin.

 

 

 

6 dari 6 halaman

Hari Cokelat Lainnya

Saking lezatnya, ternyata ada banyak hari perayaan yang didedikasikan untuk cokelat selain Hari Cokelat sedunia. Pertama, ada hari yang khusus didedikasikan untuk berbagai cita rasa cokelat, seperti Bittersweet Chocolate Day setiap 10 Januari, Milk Chocolate Day 28 Juli, dan White Chocolate Day dipertingati 22 September.

Lalu, ada pula hari perayaan untuk berbagai makanan yang dilapisi dengan cokelat, yaitu Chocolate Covered Anything Day yang diperingati 16 Desember. Terakhir, bulan Februari juga didedikasikan untuk para pecinta cokelat dan diberi gelar sebagai Chocolate Lovers’ Month.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat