uefau17.com

3 Bahaya yang Mengintai Saat Idul Adha dan Cara Mencegahnya - Regional

, Jakarta - Lebaran Idul Adha jadi moment menyenangkan untuk berkumpul bersama keluarga. Tapi yang perlu diingat, ada bahaya kesehatan yang mengintai. Jadi pastikan untuk mencegahnya, ya!

Saat Lebaran Idul Adha tiba, pasti banyak hidangan enak yang tersaji di meja makan. Tentu saja, hidangan istimewa ini mengandung daging dan juga santan.

Belum lagi saat malam datang, biasanya Idul Adha akan diakhir dengan pesta barbeque atau sate. Namun tahukah kamu, terlalu banyak makan daging bisa berdampak buruk bagi kesehatan?

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menyatakan bahwa orang yang kebanyakan makan daging, baik itu sapi, kambing, hingga ayam dan unggas lainnya setidaknya memiliki risiko 30 persen lebih mudah terkena kanker.

Apa saja dampaknya? Berikut ulasannya!

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3 Dampak Kebanyakan Makan Daging

1. Kolesterol Naik

Daging adalah salah satu makanan dengan kandungan lemak tinggi yang dapat meningkatkan kolesterol dalam tubuh. Jika kamu makan daging tanpa mengontrolnya, kolesterol bisa langsung melonjak yang dapat menyebabkan berbagai penyakit, termasuk stroke dan jantung.

2. Sakit Kepala

Terlalu banyak mengonsumsi daging saat Idul Adha juga bisa memicu terjadinya sakit kepala termasuk migrain. Ini terjadi karena tubuh mengalami dehidrasi, dan ini juga bisa memicu masalah kesehatan serius seperti stroke.

3. Bau Mulut

Terlalu banyak makan daging saat Idul Adha memungkinkan kamu mengalami bau mulut, lho. Ini terjadi karena daging sapi melepaskan zat ketones, yang menyebabkan peradangan di dalam tubuh.

Inilah yang kemudian meningkatkan bau mulut. Selain itu, zat yang satu ini juga bisa merusak fungsi organ-organ dalam tubuh.

Untuk menghindari kondisi tersebut saat Idul Adha, pastikan kamu melakukan beberapa langkah pencegahan seperti berikut.

 

3 dari 3 halaman

3 Cara Mencegah Penyakit Saat Idul Adha

1. Konsumsi Buah dan Sayur

Meski olahan daging saat Idul Adha melimpah, pastikan untuk mengimbanginya dengan makan sayur dan buah. Jika perlu, perbanyak sayur dan buah dalam piring makan, untuk menjaga kolesterol tetap rendah.

Sudah jadi rahasia umum bahwa sayur dan buah mengandung serat tinggi, yang bisa menyerap lemak dari daging yang dikonsumsi.

2. Batasi Makan Daging

Tentu saja, langkah paling aman adalah dengan membatasi makan daging. Tambahkan daging secukupnya dalam piring makanmu, dan pastikan untuk tidak menjadikan daging sebagai camilan.

Sebagai gantinya, kamu bisa mengonsumsi camilan yang lebih sehat seperti kacang-kacangan atau biji-bijian.

3. Hindari Minuman Bersoda

Perlu diingat, makan daging dan minuman bersoda adalah kombinasi yang paling cocok untuk memperburuk kesehatan. Jadi, sebaiknya hindari konsumsi minuman bersoda setelah makan daging.

Kamu bisa menggantinya dengan minuman yang lebih sehat seperti air putih, atau teh hijau untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat