uefau17.com

Spesifikasi Titan, Kapal Selam Wisata yang Dikabarkan Meledak dan Menewaskan Semua Awaknya - Regional

, Jakarta - Titan, kapal selam pribadi milik OceanGate Expeditions, sebuah perusahaan wisata laut dalam, menjadi perhatian setelah dikabarkan hilang. Kapal selam itu sedang dalam misi untuk menjelajahi reruntuhan Titanic di Samudra Atlantik ketika kehilangan kontak dengan kapal pendukungnya pada 18 Juni 2023.

Kabar terakhir menyebut, kapal selam wisata yang membawa lima orang ke bangkai kapal Titanic meledak di dekat lokasi karamnya Titanic dan menewaskan seluruh orang di dalamnya. Demikian konfirmasi pihak berwenang pada Kamis (22/6/2023), membawa akhir yang tragis dari sebuah kisah pencarian yang telah menyedot perhatian publik sejak kapal selam itu hilang pada Minggu (18/6/2023).

"Ini adalah ledakan kapal yan dahsyat," ujar Laksamana Muda John Mauger dari Penjaga Pantai Amerika Serikat (AS) seperti dilansir AP, Jumat (23/6/2023).

Kapal selam itu membawa lima penumpang, termasuk dua miliarder, seorang ahli maritim Prancis, dan CEO OceanGate Expeditions, Stockton Rush.

Operasi pencarian dan penyelamatan sudah dilakukan bahkan mencapai kedalaman hingga 4.000 meter di bawah permukaan laut ini masih berlangsung.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Apa itu Kapal Selam Titan?

Mengutip dari laman resmi OceanGate Expeditions, Titan adalah kapal selam berawak kelas Cyclops yang dirancang untuk membawa lima orang ke kedalaman 4.000 meter (13.123 kaki).

Kapal selam ini digunakan untuk survei dan inspeksi lokasi, penelitian dan pengumpulan data, produksi film dan media, serta pengujian perangkat keras dan perangkat lunak di laut dalam.

Dirancang dan dibangun oleh OceanGate, Inc. Titan disebut memberikan solusi unik untuk kebutuhan pengamatan, inspeksi, dan eksplorasi langsung manusia di laut dalam.

3 dari 3 halaman

Fitur dan Cara Kerja

Titan dilengkapi dengan pencahayaan canggih dan sistem navigasi sonar plus peralatan video dan fotografi 4K yang dipasang secara internal dan eksternal. Sementara, interior menyediakan ruang yang cukup untuk peralatan pemantauan, inspeksi, dan pengumpulan data tambahan.

Semua kapal selam kelas Cyclops dilengkapi dengan platform peluncuran dan pemulihan terintegrasi. Dioperasikan mirip dengan dok kering kapal, anjungan ini digunakan untuk meluncurkan dan memulihkan kapal selam berawak dengan membanjiri tangki apungnya dengan air untuk penurunan terkendali hingga kedalaman 9,1 meter (30 kaki) untuk menghindari turbulensi permukaan.

Setelah terendam, anjungan menggunakan sistem pengapungan peredam gerakan yang dipatenkan untuk tetap terhubung ke permukaan namun tetap menyediakan anjungan bawah air yang stabil tempat kapal selam berawak lepas landas dan kembali setelah setiap penyelaman.

Pada akhir setiap penyelaman, kapal selam mendarat di platform terendam dan seluruh sistem dibawa ke permukaan dalam waktu sekitar dua menit dengan mengisi tangki pemberat dengan udara.

Platform peluncuran dan pemulihan bersifat modular dan mudah diangkut menggunakan kombinasi truk jalan raya dan trailer standar. Ini dapat dikerahkan secara hemat biaya di laut karena tidak memerlukan kapal besar dengan crane atau A-frame untuk meluncurkan dan memulihkan kapal selam.

Hal ini memungkinkan Titan untuk bekerja di daerah terpencil menggunakan kapal komersial yang lebih kecil dan tersedia secara lokal dengan biaya yang jauh lebih rendah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat