uefau17.com

Yuk, Coba Diet MediterAsian yang Bikin Umur Lebih Panjang! - Regional

, Jakarta - Hidup lebih lama dan sehat menjadi impian banyak orang. Namun, hal itu bukan tak mungkin di lakukan karena ada berbagai macam makanan yang bikin umur lebih panjang. Apa saja? Yuk simak!

Seorang dokter dan ilmuwan makanan, Dr William Li, MD telah menghabiskan 20 tahun untuk mempelajari bagaimana pola makan dapat membantu mengalahkan berbagai penyakit. Ini juga yang membuat usia seseorang bisa lebih panjang.

Lewat sebuah artikel yang diterbitkan Make It, Dr William Li mengatakan dia mengambil pendekatan berbasis makanan alami. Dia juga mengatakan, sebagian besar diet yang dijalaninya terinspirasi dari perpaduan unik dua budaya makanan terbesar di dunia, yaitu diet Mediterian dan Asia, yang kemudian dia sebut sebagai diet MediterAsian.

Secara umum, wilayah Mediterania maupun Asia memiliki area yang dikenal sebagai Zona Biru, tempat orang menua lebih baik dan secara keseluruhan lebih sehat. Seperti apa diet MediterAsian yang dilakukan Dr William Li?

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

6 Makanan Pokok Diet MediterAsian yang Bikin Hidup Lebih Lama

1. Buah-buahan

Apel 

Satu apel sehari mungkin menjauhkan kamu dari dokter, tetapi tiga apel sehari dapat membantu mengurangi lemak tubuh. Mereka serbaguna, cocok untuk salad, dan enak sebagai camilan atau dipanggang sebagai hidangan penutup.

Pir

Pir adalah sumber serat makanan yang sangat baik (buah berukuran sedang memiliki 6 gram) untuk kesehatan usus.

Jeruk bali 

Daging jeruk bali mengandung flavonoid penangkal penyakit dan vitamin C, yang merupakan zat antioksidan dan anti-inflamasi pelindung DNA yang kuat.

Alpukat

Lemak dalam alpukat adalah asam lemak tak jenuh tunggal yang sehat, yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat LDL dalam darah dan menurunkan risiko penyakit jantung.

2. Sayuran

Brokoli

Brokoli mengandung sulforaphane, yang melindungi sel punca, meningkatkan kesehatan usus dan metabolisme, serta memperkuat respons imun.

Kedelai

Kedelai dimakan sebagai kacang, dibuat menjadi tahu, difermentasi, dan bahkan dapat diubah menjadi anggur. Ini telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular sebesar 20% dan diabetes sebesar 23%.

Wortel 

Sayuran akar kuno yang berasal dari Asia Barat Daya, wortel merupakan sumber serat makanan yang baik untuk kesehatan usus. Setengah cangkir wortel parut memiliki 2 gram serat.

Jamur

Jamur mengandung serat larut yang disebut beta-D-glucan, yang merangsang pertahanan untuk menumbuhkan pembuluh darah baru yang dibutuhkan untuk penyembuhan luka. Pada saat yang sama, itu dapat mencegah pembuluh darah berbahaya memberi makan kanker.

3. Kacang-kacangan

Kacang putih 

Kacang adalah makanan bergizi yang dapat membantu mengurangi faktor risiko kardiovaskular dengan menurunkan kadar kolesterol darah. Mereka juga mengandung nutrisi berharga seperti zat besi, seng, magnesium dan folat.

Lentil

Lentil adalah legum klasik dalam masakan Mediterania. Setengah cangkir lentil kering mengandung 18 gram serat, yang lebih dari setengah asupan harian yang direkomendasikan untuk pria dan wanita.

 

4. Makanan Kemasan

Minyak zaitun extra virgin (EVOO)

EVOO adalah bentuk minyak zaitun yang paling diinginkan. "Extra virgin" mengacu pada minyak yang tidak disuling, dan sebagai hasilnya, mengandung sedikit buah zaitun matang. Minyak dan bit adalah sumber polifenol kuat yang mengaktifkan pertahanan kesehatan.

Cuka apel

Studi telah menemukan bahwa asam asetat dalam cuka apel mengurangi lemak tubuh, meningkatkan sensitivitas insulin, dan menurunkan gula darah.

Pasta kacang fermentasi

Telusuri lorong tengah toko kelontong Asia mana pun, dan kamu akan melihat banyak jenis pasta kacang fermentasi. Terbuat dari kedelai yang difermentasi, mengandung bioaktif yang melawan sel lemak.

5. Makanan laut

Salmon

Salmon tinggi omega-3, yang diserap ke dalam sel lemak dan dimetabolisme. Kemudian mereka membuat protein yang dilepaskan seperti pemadam kebakaran seluler ke dalam massa lemak di sekitarnya untuk memadamkan peradangan yang disebabkan oleh lemak.

Telur ikan laut

Jika kamu penjelajah rasa yang unik, kamu harus mencoba telur (telur) dari makanan laut tertentu. Telur ikan secara alami dikemas dengan omega-3, dengan mengonsumsi sedikit telur ikan laut, kamu bisa mendapatkan lemak sehat dalam dosis besar.

Sarden

Sarden adalah makanan laut Mediterania yang mengandung bioaktif. Kandungan ini berfungsi meningkatkan metabolisme dan menurunkan kolesterol darah.

6. Minuman

Teh hijau

Studi telah menemukan bahwa matcha atau teh hijau dapat melawan efek metabolisme dari diet tinggi lemak.

Teh oolong

Sebuah studi Departemen Pertanian AS menunjukkan bahwa minum enam cangkir teh oolong tiga hari seminggu meningkatkan metabolisme secara keseluruhan.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat