uefau17.com

Aneka Es Krim Jadul di Indonesia Ini Bikin Nostalgia - Regional

, Yogyakarta - Kekayaan kuliner Indonesia memang tak bisa dipungkiri. Selain makanan, minuman dingin, dan wedang, Indonesia juga memiliki ragam es krim yang populer pada masanya.

Beberapa es krim jadul tersebut ada yang sudah sulit ditemukan, tetapi ada pula yang masih eksis hingga sekarang. Berikut beberapa es krim jadul di Indonesia yang bikin nostalgia:

1. Es Gabus

Berbentuk balok pipih, es gabus menjadi salah satu primadona es krim pada zamannya. Es krim ini dibuat dengan menggunakan tepung hunkwe, sehingga memiliki tekstur sedikit empuk.

Es gabus biasanya dibuat dengan aneka warna menarik. Terdapat lapisan plastik yang menyelimuti es krim ini.

2. Es Kado

Es kado merupakan es krim berbentuk balok panjang. Es ini disajikan dengan dipotong terlebih dahulu kemudian diberi tusukan sate.

Es krim ini biasanya dilapisi semacam kertas atau plastik kado pada bagian luar. Beberapa penjual juga menyediakan cairan coklat sebagai lapisan luar. Es krim ini memiliki banyak varian rasa, mulai dari cokelat, stroberi, hingga vanilla.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Es Lilin

3. Es Lilin

Es lilin merupakan es krim jadul yang disajikan dalam wadah plastik. Es ini dibuat dengan cara memasukkan adonan es krim ke dalam plastik dan membekukannya ke dalam freezer.

Setelah beku, es krim ini bisa langsung dinikmati. Varian es lilin lebih beragam daripada es lainnya, seperti jus buah, teh, kacang hijau, coklat, rujak, dan masih banyak lagi.

4. Es Potong

Es potong menjadi salah satu es krim favorit di era 90-an. Es potong memiliki bentuk tabung memanjang.

Para pedagang ini menyajikan es potong dengan memotongnya menjadi dua bagian atau lebih, kemudian menusuknya dengan tusukan sate sebagai pegangan. Sebelum disajikan ke pembeli, es potong akan dicelupkan ke cairan coklat terlebih dahulu.

Coklat tersebut akan membeku seketika, sehingga akan terasa renyah saat digigit. Es potong memiliki beberapa varian rasa, seperti stroberi, coklat, alpukat, vanilla, kacang hijau, dan lainnya.

Saat ini, keberadaan penjual es potong tak sebanyak pada masa dulu. Namun, di beberapa daerah masih ada penjual yang menjajakan es ini.

5. Es Tung-tung

Es tung-tung merupakan salah satu es krim yang banyak disukai oleh anak-anak di era 90-an. Beberapa orang menyebut es tung-tung dengan julukan es tong-tong atau es dung-dung.

Es krim jadul ini dibuat dengan menggunakan campuran santan dan perisa. Biasanya, penjual es tung-tung hanya menawarkan varian rasa coklat-vanila atau stroberi-vanila.

Es ini disajikan dengan wadah cone warna-warni atau cup kertas. Beberapa penjual juga ada yang menyediakan roti tawar sebagai wadah es krim, layaknya sandwich es krim.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat