uefau17.com

Cerita Peserta Bukit Lawang Orangutan Trail Run 2023: Treknya Menantang, Pemandangan Indah - Regional

, Jakarta Ratusan pelari ikuti Bukit Lawang Orangutan Trail Run 2023. Tidak hanya dari Indonesia, event lari ini diikuti berbagai peserta dari negara lainnya, seperti USA, Perancis, Vietnam, Malaysia, hingga Belanda.

Seorang peserta, Muhammad Hardinas mengaku, event lari ini sangat keren. Apalagi trek yang dilalui sangat menantang, bahkan para peserta juga disuguhkan dengan pemandangan alam Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL).

"Keren kali lah, pokoknya," kata Dinas, sapaan akrabnya, kepada , Sabtu (27/5/2023).

Diungkapkan Dinas, pada Bukit Lawang Orangutan Trail Run 2023 ini dia menyelesaikan race kategori 25 Kilometer (Km) dengan catatan waktu 4.20.35, dengan urutan 25 dari 70-an peserta.

Untuk mengikuti event lari ini, pemuda 29 tahun asal Tembung, Deli Serdang tersebut mempersiapkan diri selama 2 bulan. Mulai dari long run, sebagai latihan ketahanan atau endurance.

Kemudian, Dinas juga membeli gear yang wajib dimiliki sebagai runner trail run, serta menganalisa lintasan yang petanya dibagikan oleh panitia.

"Saya melakukan latihan minimal dua kali dalam seminggu. Untuk standarnya, jika kita mengikuti kategori 25 Km, safety-nya kita harus bisa lari 50 Km di jalan datar," ungkapnya.

Dikatakan Dinas, terkhusus untuk kategori 25 Km, trek yang disuguhkan sangat menantang.

Para peserta melewati berbagai medan, mulai dari punggungan naik curam, turunan curam, menyebrangi sungai kecil, hingga menyebrang sungai besar menggunakan rubber boat yang disediakan panitia.

"Tidak buruk lah untuk pengalaman pertama ikut di acara semacam ini. Next, saya akan mempersiapkan diri lebih baik lagi," ujarnya.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Diikuti 700 Peserta

Assistant Event Director, Bela Saragih menyampaikan, acara ini diikuti oleh sekitar 700 peserta di semua kategori. Selain dari Indonesia, peserta Bukit Lawang Orangutan Trail Run 2023 ini juga datang dari 13 negara.

"Total peserta di 7 kilometer ada 400 orang, tapi belum termasuk peserta undangan sekitar lebih 100 orang, termasuk Wagub dan Pangdam," sebutnya.

Untuk kategori 50 Km, terang Bela, ada sekitar 50 orang dan di 25 Km ada sekitar 60 orang. Peserta dari Sumut, Jawa hingga Papua.

"Kalau dari luar negeri ada 13 negara, sepert USA, Perancis, Vietnam, Malaysia, Belanda dan lainnya," Bella menandaskan.

 

3 dari 3 halaman

Berlangsung Seru

Bukit Lawang Orangutan Trail Run 2023 berlangsung seru. Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut) Musa Rajekshah dan Pangdam I/ Bukit Barisan (BB) Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin ikut meramaikan.

Keduanya berpacu dengan 500 lebih peserta kategori 7 Kilometer (Km) lainnya, termasuk Konsulat Jenderal Malaysia di Medan, YM Aiyub Bin Omar, Ketua Bidang Pembinaan Karakter Keluarga PKK Sumut, Sri Ayu Mihari.

Kemudian Kasdam I/BB Brigjen TNI, Rifky Nawawi, dan Irdam I/BB Brigjen TNI Boni Christian Pardede. Kegiatan ini dimulai Sabtu (27/5/2023) dari pintu start sekitar pukul 07.00 WIB.

Kegiatan dibuka Assistant Vice President Bank Mandiri Area Medan, Dolly Robertho Sinaga, didampingi Branch Manager Bank Mandiri Bahorok, Fransiscus Sianipar, di Terminal Puncak, Desa Perkebunan Bukit Lawang.

Sebelum peserta 7 Km memulai start, Wagub Sumut, Musa Rajekshah, atau akrab disapa Ijeck, melepas sekitar 50 peserta di kategori 50 Km dan 60 peserta di kategori 25 Km.

"Saya ucapkan terima kasih kepada panitia yang telah mempersiapakn acara ini dengan baik dan terima kasih kepada seluruh peserta yang berpartisipasi," kata Ijeck, saat meleps peserta di 50 kilometer.

Musa Rajekshah juga berpesan kepada para peserta agar hati-hati karena sebelumnya kawasan Bukit Lawang dilanda hujan, dan jalanan licin.

"Tapi, selamat menikmati alam Bukit Lawang. Kalau rezekinya bagus, bisa ketemu orangutan di dalam hutan," ucapnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat