uefau17.com

Jokowi Cek Jalan Rusak di Labuhan Batu Utara Sumut, Diperbaiki Paling Lambat Juli 2023 - Regional

, Labuhan Batu Utara Presiden Jokowi mengecek jalan rusak di Kabupaten Labuhan Batu Utara, Sumatera Utara (Sumut), tepatnya di Desa Sialang Taji, Kecamatan Waluh Selatan.

Kepada wartawan, Jokowi mengatakan, di Sumut untuk status jalan nasional ada 2.600 Kilometer (Km), yang rusak kira-kira 260 Km. Sedangkan jalan provinsi ada 3.005 Km, dan yang rusak kira-kira 340 Km.

"Jalan kabupaten di Sumut banyak yang rusak. Dari 33.000 Km jalan kabupaten di Sumut, yang rusak 13.000 Km. Salah satunya ini yang kita lihat, di Labuhan Batu Utara (Labura)," kata Jokowi, Rabu (17/5/2023).

Diungkapkan Jokowi, di lokasi yang diceknya kali ini jalan rusak ada 13 Km. Kemudian yang menuju ke Tanjung Ledong ada 17 Km dengan keadaan yang kurang lebih sama. Nantinya, jalan rusak akan segera diperbaiki.

"Nanti akan dimulai perbaikan lapangannya paling lambat Juli 2023," ungkapnya.

Disebutkan Jokowi, semua jalan rusak yang di Sumut tetap sama dibagi-babgi pengerjaannya. Ada yang dikerjakan Gubernur sebagai pempinan provinsi, ada yang dikerjakan Bupati sebagai pimpinan kabupaten, dan ada yang diambil alih oleh pusat.

"Yang kira-kira provinsi, kabupaten, atau kota, tidak memiliki kemampuan untuk mengerjakan," sebutnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cek Langsung ke Lapangan

Mengenai kabar yang menyebut Sumut sebagai urutan pertama kondisi jalan rusak paling parah di Indonesia, Jokowi menegaskan itulah alasannya turun langsung untuk mengecek ke lapangan dan segera diperbaiki.

"Tapi perlu waktu. Karena angkanya saya kira sudah tahu semuanya, banyak. Tidak hanya di Sumatera Utara, di provinsi lain kurang dan lebih, mirip-mirip," ungkapnya.

Jokowi mengecek jalan rusak di Labuhan Batu Utara didampingi Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah, Bupati Labuhan Batu Utara, Hendriyanto Sitorus, dan sejumlah menteri.

Ditanya dari mana dapat info jalan rusak, apakah dari Dinas PU (Pengerjaan Umum) atau media sosial (medsos), Jokowi menjawab dari PU dapat, dari masyarakat lewat IG (Instagram) juga dapat, lewat Twitter dan Facebook juga.

"Jadi, lewat PU dan semua medsos yang saya miliki, juga dapat. Kemarin saya cek untuk jalan rusak saja, ada 7.400 lokasi yang masuk ke IG, Twitter, dan Facebook," jawabnya.

"Lalu saya kroscek, hasilnya sama. Kalau PU mengatakan jalan ini, di sini, ya sama," sambungnya.

3 dari 3 halaman

Prioritas Pengerjaan

Jokowi juga mengatakan, jalan rusak ini jadi prioritas pengerjaan. "Sebab kalau tidak jadi prioritas, bagaimana," ujarnya.

Diakuinya, data lapangan tidak akan beda jauh, makanya mana yang diproritaskan, apakah rusak berat. Utamanya jalan produksi, penting. Jalan logistik, penting. Harus didahulukan, karena menyangkut biaya logistik, menyangkut biaya ptoduksi, menyangkut inflasi, semuanya.

Setelah Sumut, Jambi, dan Lampung, Jokowi akan mengecek ke lokasi lainnya. "Segera kita cek, langsung mulai," tandasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat