uefau17.com

Lezatnya Kuliner Lontong Mie Udang yang Sudah Jarang Ditemui - Regional

, Surabaya - Anda pernah merasakan nikmatnya makanan bernama lontong mie udang? Kalau belum, maka jika ada kesempatan singgah ke Kota Surabaya, tidak ada salahnya mencicipi penganan khas tersebut. Kuliner ini mudah ditemukan di Kota Pahlawan dan beberapa kota-kota di pesisir Provinsi Jawa Timur. Tak mengherankan karena Lontong Mie adalah makanan asli dari Jawa Timur (Jatim).

Olahan kuliner Surabaya makanan khas pesisir itu perpaduan potongan lontong, mi kuning lokal, tahu goreng, tauge, dan diberikan toping udang goreng kemudian disiram dengan bumbu khas dari rebusan udang dengan ciri kuah berwarna bening.

Meski kuliner ini khas di daerah Jatim, tetapi tidak banyak tempat khusus di Kota Surabaya yang menjual lontong mie udang. Maka, salah satu yang akhirnya menonjol adalah warung lontong mie udang Babah Hoi yang berlokasi di Jalan Kapas Krampung Nomor 124, Poso, Tambaksari, Surabaya.

Pantauan , warung yang menjual lontong mie udang tersebut berukuran kecil, lokasinya sedikit tersembunyi berada di belakang sebuah ruko. Kendati begitu, warung ini tak pernah sepi, pembeli selalu memenuhi warung itu. Tak hanya melayani pembelian secara langsung di warungnya, pemilik warung juga menyediakan layanan pembelian melalui aplikasi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sudah Jarang Ditemui

Salah satu pengunjung bernama Dhion Prasetya yang tengah menunggu pesanannya datang mengaku sering berwisata kuliner ke warung tersebut. Dirinya menyebut selain rasanya yang enak dan gurih, lontong mi sejenis itu sudah jarang ditemui.

"Kalau yang jual lontong mie udang seperti ini sudah jarang, menurut saya mie udang Babah Hoi ini yang paling enak di Surabaya. Makanya biarpun tempatnya 'ndelik' (tersembunyi) kalau sudah pengin makan ya dicari," kata Dhion kepada , Senin (8/5/2023).

Yang menarik dari lontong mie udang ini tentu dari udangnya, selain bumbunya yang terbuat dari air rebusan udang, makanan ini juga memiliki toping udang di atasnya. Lantaran sudah menggunakan air sari udang itulah akhirnya mie lontong udang Babah Ho ini tidak menggunakan petis, sehingga rasa gurihnya sudah didapatkan dari kuahnya. 

Kuah rebusan yang ditambah bumbu bawang putih, garam, sedikit penyedap rasa, dan gula itu disiramkan di potongan lontong, tahu, tambahan tauge, dan toping udang goreng. Perpaduan rasa gurih dan aroma udangnya dijamin bikin lidah bergoyang. Cukup merogoh kocek Rp18 ribu, Anda sudah bisa menikmati satu piring lontong mie udang lezat tersebut.

Apabila ingin menambahkan sensasi pedas, tinggal ditambahkan sambal khusus yang sudah disiapkan atau meminta kepada pemilik warung untuk menambahkan potongan cabe rawit. Nah, tertarik untuk menikmati kuliner khas yang sudah jarang ditemui ini, agendakan mampir dan mencicipi lontong mie udang ketika Anda singgah di Kota Pahlawan tersebut ya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat