uefau17.com

Tahu Kupat Makanan Khas Solo Menggugah Selera yang Bikin Rindu - Regional

, Solo - Perpaduan potongan ketupat, tahu putih goreng, bakmi kuning, bala-bala/bakwan goreng (dipotong-potong, kacang goreng, irisan seledri, bawang goreng, yang disiram kuah kecap manis itu biasa dikenal masyarakat Solo Raya dengan sebutan tahu kupat.

Kuliner Solo ini biasa dijual pada pagi hingga siang hari, jadi jangan mencari makanan ini ketika malam hari ya. 

Cita rasa khas tahu kupat adalah manis gurih, rasanya sesuai dengan ciri khas makanan dari wilayah Solo yang mayoritas adalah manis. Tahu kupat dinikmati dengan kerupuk dan segelas teh tawar hangat, sehingga kita selesai makan tahu kupas yang manis itu lidah kita tidak akan meninggalkan rasa manis yang melekat dari kuah tahu kupat tersebut.

Potongan tahu putih yang dipotong dan baru diangkat dari penggorengan tentu hangat, dipadukan dengan ketupat yang sudah agak dingin, dilengkapi dengan bakwan goreng, sayuran kol, dan lainnya disiram kuah kecap manis yang dibumbui bawang putih menggugah lidah untuk bisa menikmati kuliner ini. Kuliner tahu kupat adalah makanan yang paling dirindukan oleh masyarakat Solo Raya yang merantau ke luar daerah.

Fajar adalah pecinta kuliner di Solo Raya. Dia menyebut tahu kupat sangat digemari masyarakat sebagai menu sarapan pagi.

Pecinta pedas tak perlu khawatir lantaran meski berciri khas manis, pecinta kuliner juga bisa meminta kupat tahunya dibuat pedas sesuai permintaan.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Makanan Pembuka Hari

"Ciri khas tahu kupas memang manis, tapi kalau suka pedas minta sama pedagangnya untuk dikasih cabai jadi nanti di piringnya diulekin cabai. Tahu kupat banyak yang jual di pagi hari sampai siang, kalau sore atau malam jarang yang jual," tutur dia kepada  saat tengah menikmati tahu kupat di sebuah warung tahu kupat, Solo, Jumat (6/1/2022).

Jika ingin tambahan telur dadar para penikmat kuliner tahu kupat biasa menambahkan telor sebagai pelengkap di atasnya. Namun, jangan pernah salah membedakan antara tahu kupat dan kupat tahu, meski makanan ini sekilas sama tapi keduanya adalah makanan berbeda.

"Banyak yang salah mengartikan tahu kupat Solo ini, banyak teman-teman saya dari luar daerah kalau ke sini selalu menyebut kupat tahu yang dibumbui kacang atau penmbahan petis. Padahal tahu kupat Solo itu dengan kuah kecap manis bukan pakai saus kacang," tutur dia.

Pria yang juga vokalis Unity23 itu merekomendasikan tahu kupat sebagai makanan pembuka hari, karena perpaduannya yang sederhana tidak terlalu berat dipakai sebagai makanan sarapan pagi. 

"Biasanya kalau pagi keinginan makan itu pasti yang manis, jadi tahu kupat cocok untuk sarapan pagi. Rasanya manis dan sedikit gurih jadi rekomendasi orang yang tidak suka makanan berat ketika pagi hari," katanya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat