uefau17.com

Meditasi Kesadaran, Ini Cara dan Manfaatnya - Regional

, Jakarta - Meditasi selalu diandalkan sebagai salah satu cara mengatasi mental. Salah satu jenis meditasi adalah mindfulness meditation atau meditasi kesadaran. Gimana cara melakukan dan apa manfaatnya? Yuk, simak ulasannya!

Meditasi kesadaran menawarkan sejumlah manfaat kesehatan mental dan fisik, berfokus pada hasil yang agak berbeda dari beberapa praktik meditasi tradisional. Mengutip dari USA Today, para ahli menyebutkan bahwa akar dari meditasi tradisional dan meditasi kesadaran pun berbeda.

Meditasi kesadaran  berawal dari filosofi Buddhis kuno. Meditasi ini tentang memperhatikan apa pun yang hadir tanpa berusaha mengubahnya. Di sisi lain, meditasi relaksasi umumnya melibatkan upaya sengaja untuk merilekskan tubuh dan pikiran yang biasanya berasal dari tradisi yoga Hindu.

Perbedaan lain tentang mediasi kesadaran adalah bagaimana hal itu dimasukkan ke dalam kehidupan sehari-hari seseorang atau proses meditasi tradisional. Umumnya, orang yang melakukan meditasi kesadaran didorong untuk membiarkan pikiran atau perasaan acak masuk ke dalam pikiran mereka, di mana mereka akan mengalami sepenuhnya, tanpa penilaian. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Meditasi Kesadaran

Sama seperti meditasi tradisional, meditasi kesadaran  juga sebaiknya dilakukan di tempat nyaman dan santai tanpa gangguan. Mulailah dengan menarik napas dalam-dalam selama beberapa kali.

Menarik napas dilakukan untuk memperlambat detak jantung, pikiran serta mengundang relaksasi. Kemudian lanjutkan untuk tetap berada dalam kondisi sadar tanpa perlu merasa berada di tempat lain.

Perhatikan suara dan sensasi yang dialami, biarkan pikiran apa pun muncul tanpa perlu berusaha mengatur dan mengubahnya.

Proses tersebut dilakukan untuk menyadari pikiran, emosi, lingkungan, pilihan, dan tindakan seseorang dan mempertimbangkan bagaimana pengaruhnya terhadap kehidupan sehari-hari seseorang dan kehidupan orang lain. 

Dengan latihan teratur, meditasi ini dapat membawa kejelasan, wawasan, dan karakter yang lebih besar ke dalam hidup. Ini juga bisa membantu Anda memupuk kedamaian, kegembiraan, harmoni, dan kesejahteraan yang langgeng. 

Ketika meditasi ini dilakukan dalam dunia kerja, hanya duduk diam selama beberapa saat, dapat membantu mendorong pengambilan keputusan yang lebih sadar. 

3 dari 3 halaman

Manfaat Meditasi Kesadaran

Secara umum, meditasi memiliki manfaat kesehatan yang spesifik dan terkadang serupa seperti meningkatkan kualitas tidur, meningkatkan kejernihan pikiran, dan menurunkan tekanan darah. Tetapi beberapa manfaatnya cukup bervariasi. 

American Psychological Association mencatat, terapi dan meditasi berbasis kesadaran telah efektif dalam mengurangi stres, kecemasan, dan depresi serta meningkatkan sistem kekebalan seseorang untuk membantu seseorang pulih lebih cepat dari penyakit. 

Selain itu, ilmuwan psikologi juga telah menemukan bahwa meditasi kesadaran dapat memengaruhi jalur berbeda di otak seseorang yang terkait dengan pengaturan perhatian dan emosi. Bahkan, ahli percaya bahwa meditasi kesadaran juga dapat mengurangi beberapa sindrom nyeri kronis.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat