uefau17.com

Senyum Semringah dari Pemudik Gunungkidul, Arus Balik yang Simpan Kisah Ceria - Regional

, Gunungkidul Kelancaran mudik Lebaran tahun 2023 ini tentu bukan keberhasilan salah satu pihak saja. Kelancaran tersebut merupakan kerja sama dari berbagai unsur dalam pelaksanaannya, mulai dari sarana informasi, transportasi, pos pengaman, hingga pos kesehatan yang menjamin kenyamanan pemudik.

Warga pun menyampaikan apresiasi terhadap kesiapan para petugas menjadikan mudik lebaran 2023  bejalan lancar dan aman. Bahkan, Sebagian warga terkesan dengan pengelolaan arus mudik labih baik dari tahun tahun sebelumnya.

Salah satu pemudik asal Jakarta Selatan, Sony Setyawan (41) mengatakan ia bersama keluarganya melakukan mudik H-3 lebaran karena kantornya cuti bersama. Ia sengaja memilih menggunakan kendaraan pribadi untuk mudik saat ini.

Ia akan melewati jalur tol dari Jakarta hingga pintu keluar Kartosuro di Jawa Tengah sebelum memasuki wilayah Gunungkidul. Sepanjang perjalanan, ia merasakan kemudahan informasi dan pengamanan di jalur mudik.

“Ada sedikit kepadatan di beberapa ruas jalan namun terbilang lancar, dan hampir di setiap jalur mudik banyak terdapat pos pos pengamanan Lebaran,” katanya.

Setelah memasuki wilayah Gunungkidul dirinya terkesan atas sambutan yang diberikan oleh Polres Gunungkidul. Pengaaaturan arus lalu lintas, dan pos pengamanan yang menarik membuatnya merasa terlindungi.

Menurutnya, jajaran kepolisian telah memberikan pelayanan yang optimal kepada para pemudik. Bahkan, ditingkat polsek pun juga menyapa warga yang datang dari perantauan dengan melakukan pendataan.

“Jadi mudik kali ini sangat berkesan, pihak kepolisian memantau dari mulai berangkat hingga sampai di rumah. Ramah dan mudah dimengerti informasi yang diberikan,” ujarnya.

Senada dengan Sony, pemudik asal Bandung, Afifah Kumayasari menyampaikan terima kasih kepada jajaran kepolisian resort Gunungkidul karena memberikan pelayanan yang baik, termasuk di jalur wisata pantai di selatan Gunungkidul.

“Biasanya padat saat libur lebaran, tapi tahun ini lancara dan teratur bahkan bisa menikmati wisata dengan nyaman karena ada pos pengamanan juga di kawasan wisata,” tuturnya.

Afifah berharap agar dipertahankan kinerja yang sekarang ini jika perlu ditingkatkan lagi.

Sementara, Kasat Lantas Polres Gunungkidul, AKP Purwanta menyampaikan dalam menyambut pemudik tahun 2023 bekerja sama dengan dinas perhubungan, terutama terkait ruas jalan untuk arus mudik maupun balik.

Purwanto menyebut pada libur lebaran ini menerjunkan 409 orang yang tersebar di seluruh pos pengamanan se-Gunungkidul. Termasuk jalur jalur wisata yang sering terjadi penumpukan kendaraan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat