uefau17.com

Pesona Situ Bagendit Garut, Pelipur Pemudik Saat Arus Balik Lebaran 2023 - Regional

, Garut - Kilau kawasan wisata Situ Bagendit, Kecamatan Banyuresmi, Garut, Jawa Barat, saat libur lebaran 2023 kali ini tidak memudar. Ribuan pengunjung datang silih berganti saban hari, menikmati sajian eksotisme kawasan wisata yang kental dengan cerita legenda Nyai Endit itu.

Wabup Garut Helmi Budiman mengatakan, sejak revitalisasi pembangunan Situ Bagendit sukses digelar tahun lalu, animo masyarakat untuk datang ke kawasan seluas 124 hektar itu makin tinggi.

Pemerintah Daerah (pemda) Garut, terus berbenah termasuk memberikan keleluasaan pengelolaan Situ Bagendit lebih profesional.

“Jalan ini kan sebelah sini rusak, saya mohon maaf kemarin tidak sempat diperbaiki, setelah ini semoga segera ada perbaikan,” ujarnya dalam monitoring, Jumat (28/4/2023).

Menurutnya, kehadiran Situ Bagendit memberi banyak alternatif bagi warga, untuk menikmati sajian salah satu kawasan wisata yang pernah disinggahi pelawak legendararis Hollywood Charlie Chaplin tempo hari tersebut.

Selain perbaikan jalan, beberapa fasilitas lain yang akan melengkapi objek wisata Situ Bagendit yakni perbaikan bangunan utama bambu, yang mulai menunjukkan kerusakan di beberapa bagian.

“Tapi itu dilakukan oleh masih tanggung jawab daripada pihak ketiga, dulu yang melakukan pekerjaan ini yaitu dari Adhi Karya,” kata dia.

Tidak hanya itu, lembaganya telah meminta Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk untuk segera melakukan pengerukan pada Mei-Juni mendatang, setelah tingginya pendangkalan. “Kalau tidak dikeruk ini gulmanya sangat banyak,” ujarnya.

Dengan upaya itu, kondisi debit air Situ Bagendit tetap terjaga dan ancaman peningkatan pertumbuhan tanaman eceng gondok bisa ditanggulangi sejak dini.

“Soal sampah kami telah menetapkan beberapa titik yang akan dijadikan sebagai pengelolaan sampah mini, untuk menekan melimpahnya tumpukan sampah,” kata dia.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pilihan Pengunjung Arus Balik

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Garut, Agus Ismail menyatakan, dibanding tahun lalu, jumlah kunjungan Situ Bagendit libur lebaran 2023 tahun ini mengalami penurunan.

“Kalau tahun kemarin pertama kali dibuka jadi pengunjung itu membludak gitu,” ujarnya.

Untuk meningkatkan pelayanan, rencananya tahun ini pihak pengelola segera melakukan beberapa perbaikan fasilitas penunjang, mulai pintu masuk, tempat duduk pengunjung dan lainnya.

“Untuk infrastruktur besarnya kita kan tidak bisa memperbaiki, kita baru serah terima dengan PUPR juga,” ujarnya.

Rido, salah satu pengunjung asal Bandung menyatakan, kehadiran Situ Bagendit dekat kawasan perkotaan Garut, plus jalur mudik, memberikan hiburan tersendiri bagi pemudik libur lebaran 2023.

“Kebetulan saya dari Tasik mampir dulu lewat Garut sebab jalur lagi macet, jadi bisa intirahat sebentar,” kata dia.

Untuk menarik minat pengunjung agar lebih optimal, Ia berharap pengelola bisa menanmbah fasilitas hiburan anak. “Kalau bisa tambah lagi gazebo buat pengunjung,” pinta dia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat