uefau17.com

Pulau Sebuku dan Pulau Sebesi, Alternatif Wisata Bahari di Lampung - Regional

, Lampung - Pulau Sebuku merupakan salah satu pulau yang secara administratif berada di kawasan Kalianda, Lampung Selatan. Letak pulau ini tepatnya berada di area Teluk Lampung atau sekitar 2,5 km sebelah utara Pulau Sebesi dan 2,3 km di selatan Pulau Sumatra.

Pulau ini merupakan pulau tak berpenghuni seluas 17,71 km persegi. Pulau terbesar di Selat Sunda ini memisahkan Pulau Jawa dan Sumatra.

Mengutip dari berbagai sumber, pada 1999, bangkai kapal perang Jepang pernah ditemukan di dekat Pulau Sebuku. Saat berkunjung ke destinasi wisata Lampung ini, para pengunjung bisa menikmati berbagai wisata bahari, seperti berenang, snorkeling, diving, atau hanya menikmati panorama pantai yang indah.

Panorama laut dan pantai yang cukup menawan di kawasan ini menampilkan gugusan pantai landai berpasir putih dan air laut yang biru kehijauan. Tak ketinggalan, keindahan bawah lautnya juga menarik untuk dijelajahi.

Pada 1920-an, pulau ini terkenal sebagai area perkebunan penghasil kopra. Namun, kurangnya pengelolaan berimbas pada hasil perkebunan yang tidak sebesar dahulu.

Selain Pulau Sebuku, tak jauh dari pulau ini juga terdapat Pulau Sebesi. Pulau Sebesi memiliki luas sekitar 16 km persegi.

Pulau tak berpenghuni itu kini juga menyediakan akomodasi untuk wisatawan yang ingin mengunjungi Pulau Sebuku atau Anak Gunung Krakatau. Dari kedua pulau ini, pengunjung dapat mengamati Anak Krakatau dari kejauhan.

Meski belum banyak dikenal, Pulau Sebuku dan Pulau Sebesi bisa menjadi alternatif destinasi wisata bahari di Lampung. Namun, wisatawan juga perlu waspada akan ubur-ubur yang dapat memberikan sensasi rasa gatal saat snorkeling di sekitar Pulau Sebuku. Selain itu, wisatawan juga perlu mewaspadai bulu babi yang terkadang ditemukan di sekitar pulau.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat