uefau17.com

Senyum Ceria Ribuan ASN Garut Usai Kantongi SK Pengangkatan PPPK - Regional

, Garut - Sebanyak 1.605 Aparatur Sipil Negara (ASN) tenaga kesehatan (Nakes) yang diangkat melalui Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), akhirnya tersenyum lega setelah mengantongi SK pengangkatan.

Bupati Garut, Rudy Gunawan menyatakan, pemberian SK itu merupakan sejarah bagi ribuan ASN melalui PPPK yang telah lama menunggu kejelasan dari Pemerintah Pusat.

Mereka selanjutnya bakal ditempatkan di sejumlah Fasilitas Kesehatan (Faskes) di Kabupaten Garut mulai RSUD dr. Slamet Garut hingga seluruh puskesmas di 42 kecamatan.

“Saudara hari ini akan di sumpah dan diangkat, untuk menjadi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja, sesuai undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 dan PP 11 tahun 2017, serta untuk memenuhi peraturan pemerintah nomor 48 tahun 2018 tentang PPPK,” ujarnya, Senin (17/4/2023).

Menurut Rudy, kehadiran ribuan ASN tenaga kesehatan melalui PPPK itu cukup membantu Pemda Garut, mereka telah berjasa menjadi garda terdepan dalam penanganan kasus Covid-19 di Garut.

“Malahan di antara kalian ada yang meninggal dunia ketika melaksanakan tugas,” ujar dia.

Tidak hanya itu, mereka juga dinilai telah berjasa menurunkan angka stunting pada anak dari 35 persen menjadi 23 persen saat ini, di tengah masih tingginya angka kematian ibu dan bayi di Garut.

“Oleh sebab itu setelah saudara mempunyai kejelasan sebagai pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja, yang diikuti dengan jaminan gaji yang sesuai dengan ketentuan,” ujarnya.

Nur Alim (30), salah adu ASN via PPPK mengaku bangga bisa menjadi bagian dalam pengambilan sumpah tersebut. Menurutnya, menjadi ASN melalui PPPK tidaklah mudah.

“Sebelumnya saya dites di Tasik, tahapannya pertama seleksi administrasi dulu melalui via online, kemudian saya mengikuti seleksi di Tasik,” kata dia.

Namun dengan tekad yang kuat, seluruh perjuangan yang telah dikorbankan terbayar lunas, setelah menerima SK pengangkatan PPPK dari pemerintah.

“Semoga diangkatnya saya menjadi PPPK, bisa meningkatkan kinerja saya di puskesmas,” ujar pegawai yang telah mengabdi 7 tahun di Puskesmas Sukamukti, Kecamatan Sukawening, Kabupaten Garut itu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat