uefau17.com

Tips Berhemat Mengelola Keuangan Saat Lebaran - Regional

, Yogyakarta Menjelang lebaran Dosen Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) UGM, Akhmad Akbar Susamto, memberikan tips berhemat mengelola keuangan saat lebaran dengan bijak. Salah satunya, dengan membuat perencanaan anggaran dengan kebutuhan skala prioritas. 

"Mulailah dengan membuat anggaran dan prioritas untuk pengeluaran Idul Fitri termasuk zakat, sedekah, hadiah, pakaian, makanan dan aktivitas lainnya. Ini akan membantu menghindar pengeluaran berlebihan dan menjaga keuangan tetap terkendali," kata Akbar, Rabu, 12 April 2023.

Tips selanjutnya belanja lebaran lebih awal dan tidak mendekati hari lebaran. Hal ini dapat menghindarkan dari sikap ketergesa-gesaan dengan tawaran harga barang kebutuhan yang lebih tinggi. 

 

"Bandingkan harganya, cari obral dan diskon jika memungkinkan," dia menjelaskan.

Tips mengelola keuangan lainnya, fokus belanja pada barang atau benda fungsional lebaran saja dan menghindari kebutuhan yang bersifat tidak fungsional. Jika ada uang berlebih sebaiknya digunakan membantu masyarakat lain yang membutuhkan.

"Jika ada kelebihan uang sangat disarankan untuk membantu yang kesusahan," tuturnya.

Selain tips mengelola keuangan saat lebaran, Akbar berpesan agar lebih baik menjaga dan mengedepankan kesederhanaan dan fokus pada semangat Idul Fitri yang sebenarnya, yaitu silaturahmi. Serta menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman untuk saling memaafkan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat