uefau17.com

Berjalan Khusyuk, Salat Tarawih Pertama Ramadan 1444 H di Masjid Raya Al-Mashun - Regional

, Medan Kementerian Agama (Kemenag) menetapkan 1 Ramadan 1444 Hijriah pada Kamis, 23 Maret 2023. Merujuk keputusan itu, salat tarawih mulai dilaksanakan Rabu (22/3/2023) malam.

Di Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut), salah satu lokasi tempat melaksanakan salat tarawih adalah Masjid Raya Al-Mashun, Jalan Sisingamangaraja.

Pada salat tarawih pertama ini berjalan khusyuk, tampak warga beramai-ramai salat di masjid bersejarah tersebut. Mulai pukul 19.30 WIB, warga dari berbagai daerah mulai mendatangi masjid peninggalan Kesultanan Deli itu.

Seorang warga Jalan Ismailiyah, Kecamatan Medan Area, Arif Hakim mengatakan, dirinya bersama keluarga sengaja datang ke Masjid Raya Al-Mashun untuk salat tarawih.

"Kami, sekelurga kalau salat tarawih selalu di masjid ini. Memang sudah tradisi keluarga kami," ucap Arif.

Warga lainnya, Budi, mengaku, setelah mendapat informasi penetapan awal Ramadan 1444 Hijriah, dia langsung bergegas untuk bersih-bersih, kemudian melaksanakan salat tarawih di Masjid Raya Al-Mashun.

"Suka aja salat di sini. Apalagi salat tarawih, suasana Ramadan terasa," sebut warga Jalan Gemilang, Kecamatan Medan Kota.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ikon Kota Medan

Masjid Raya Al-Mashun merupakan salah satu ikon Kota Medan. Setiap Ramadan, masjid ini menjadi salah satu lokasi yang banyak dikunjungi masyarakat, tidak hanua dari Medan, juga luar Medan.

Selain ibadah, banyak warga berkunjung ke masjid yang dibangun tahun 1906 dan selesai 1909 untuk sekadar berfoto berlatar belakang masjid dengan arsitektur perpaduan Timur Tengah, India, dan Spanyol.

3 dari 3 halaman

Sidang Isbat

Pemerintah melalui Kemenag menetapkan awal puasa atau 1 Ramadan 1444 Hijriah/2023 Masehi jatuh pada Kamis, 23 Maret 2023, besok, lewat sidang isbat.

Sidang isbat diikuti sejumlah perwakilan organisasi keagamaan, ahli astronomi, serta tamu undangan lainnya.

"Kita bersepakat secara mufakat bahwa 1 Ramadan 1444 Hijriah jatuh pada Kamis 23 Maret 2023," kata Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas, Rabu (23/3/2023).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat