uefau17.com

Daftar 7 Sayur Kategori Tinggi Karbohidrat - Regional

, Jakarta - Karbohidrat memang selalu identik dengan nasi atau tepung-tepungan. Namun, kandungan nutrisi yang satu ini juga bisa ditemukan dalam sayuran. Bahkan beberapa sayuran mengandung karbohidrat tinggi.

Karbohidrat menjadi salah satu nutrisi penting untuk tubuh, namun banyak orang yang menghindarinya. Terutama mereka yang sedang menjalani program penurunan berat badan. 

Padahal, tubuh membutuhkan asupan karbohidrat sebagai sumber energi utama. Selain itu, karbohidrat juga dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan protein, memberikan rasa kenyang, mengatur gula darah, juga meningkatkan kesehatan pencernaan.

Karbohidrat juga tak hanya bisa didapat dari nasi. Ada cukup banyak sumber karbohidrat yang bisa ditemukan, bahkan dalam berbagai jenis sayuran. Bahkan, beberapa sayuran juga masuk dalam golongan tinggi karbohidrat.

Apa saja sayuran yang mengandung karbohidrat tinggi? Berikut daftarnya seperti dikutip dari 8fit.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Daftar Sayuran Tinggi Karbohidrat

1. Kacang polong hitam

Kacang polong masuk dalam daftar sayuran tinggi karbohidrat. Secangkir kacang polong hitam mengandung 100 gram karbohidrat.

2. Kacang hijau

Kacang hijau juga masuk dalam kategori sayuran tinggi karbohidrat. Tidak heran jika banyak orang yang menggunakannya sebagai pengganti nasi. Satu cangkir kacang hijau mengandung 120 gram karbohidrat.

3. Wortel

Siapa yang menduga kalau wortel masuk dalam jajaran sayuran tinggi karbohidrat? Ternyata, satu cangkir wortel cincang mengandung 12 gram karbohidrat.

4. Labu

Labu juga masuk dalam kategori sayuran tinggi karbohidrat. Secangkir labu cincang mengandung 8 gram karbohidrat.

 

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

5. Ubi jalar

Sudah jadi rahasia umum jika ubi jalar adalah sumber karbohidrat lainnya selain nasi. Kandungan karbohidrat dalam secangkir ubi jalar cincang adalah 27 gram.

6. Kentang

Serupa dengan ubi jalar, kentang juga merupakan sumber karbohidrat lainnya. Dalam secangkir kentang yang dipotong dadu, mengandung 27 gram karbohidrat.

7. Jagung

Jagung juga salah satu sumber karbohidrat yang bisa digunakan buat pengganti nasi. Secangkir jagung mengandung 27 gram karbohidrat.

Itu dia beberapa jenis sayuran yang masuk kategori karbohidrat tinggi. Meski sedang diet, kamu tetap bisa mengonsumsinya sebagai sumber kebutuhan karbohidrat harian.

Pastikan untuk mengombinasikannya dengan sumber nutrisi baik lainnya yang dibutuhkan tubuh. Jangan lupa untuk mengimbanginya dengan berolahraga, ya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat