uefau17.com

7 Hantu dari Bugis yang Terkenal Menyeramkan  - Regional

, Makassar - Cerita hantu dan mitologi menjadi salah satu bagian budaya Indonesia. Biasanya, cerita hantu berasal dari kisah-kisah leluhur masyarakat setempat.

Bahkan, ada kalanya, sebuah cerita hantu mengandung nilai-nilai kebudayaan dan norma. Tak terkecuali cerita hantu yang dimiliki masyarakat Bugis.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut daftar hantu Bugis yang tak kalah menakutkan.

1. Parakang

Parakang adalah hantu paling menakutkan dari Bugis. Hantu ini berwujud siluman.

Parakang dipercaya memiliki hidung agak merah, mata tajam, rambut acak-acakan, dan bau yang khas. Hantu parakang dicap berbahaya karena dapat memangsa manusia, terutama bayi dan anak-anak.

Beberapa menganggap jika ilmu pesugihan parakang dapat memperkaya dan membuat pemiliknya panjang umur.

2. Dongga

Hantu jenis ini memiliki bentuk bayang hitam yang tinggi. Bahkan, ada yang setinggi pohon kelapa.

Menurut cerita urban setempat, hantu dongga gemar menyembunyikan anak-anak saat menjelang Magrib. Konon, anak-anak yang diculik bisa jadi masih berada di sekitar rumah, namun tak terlihat oleh mata telanjang. Saat menculik mereka, dongga akan memberikan makanan seperti kaki seribu, cacing, dan binatang lainnya.

3. Batitong

Hantu paling menakutkan dari Bugis berikutnya adalah patitong atau batitong. Hantu ini kabarnya dapat muncul di siang dan malam hari. Batitong sering muncul di tempat yang kotor seperti tempat pembuangan sampah dan pembuangan kotoran manusia. Pada malam hari, hantu ini akan berjalan dengan bantuan cahaya yang berasal dari lubang hidungnya.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Poppo

4. Poppo

Hantu poppo biasa ditemukan di daerah dataran tinggi atau pegunungan. Hantu manusia yang dapat terbang ini memiliki suara yang khas.

Saat terbang suaranya seperti sayap tanpa bulu yang dikepakkan. Beberapa sumber mengatakan jika hantu poppo juga suka menirukan suara anak kecil.

5. Kandoleng

Mirip seperti kuntilanak, hantu kandoleng merupakan hantu perempuan dengan punggung berlubang dengan bau yang menyengat. Selain itu, kabarnya hantu kandoleng memiliki suara yang khas.

Hantu ini membuat siapa saja takut saat mendengarnya. Diyakini jika hantu kandoleng berasal dari arwah ibu hamil yang meninggal saat melahirkan.

6. Kongkong Pancing

Hantu Bugis jenis ini kerap mendatangi kampung-kampung pada malam hari secara berkelompok, kongkong pancing terdiri dari anjing siluman, kuda siluman, burung siluman, dan penunggang kuda siluman.

7. Tallu Ana

Tallu ana menjadi sosok mengerikan yang muncul kala kabut turun. Tallu ana senang menyembunyikan anak kecil di hutan.

Biasanya, tallu ana akan menyembunyikan mereka selama tiga hari lamanya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat