uefau17.com

Profil Hevearita Gunaryanti Rahayu yang Baru Dilantik Jadi Wali Kota Semarang - Regional

, Jakarta - Hevearita Gunaryanti Rahayu atau akrab disapa Mbak Ita telah resmi dilantik sebagai Wali Kota Semarang pada Senin (30/1/2023). Pelantikan tersebut dilaksanakan di Gedung Gradhika Bakti Praja, Kompleks Kantor Gubernur Jawa Tengah, Semarang.

Hevearita pun menjadi wali kota perempuan pertama di Kota Semarang yang sebelumnya telah menjabat menjadi Pelaksana Tugas (Plt) wali kota Semarang setelah wali kota sebelumnya diangkat menjadi Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Pelantikannya pun dihadiri sejumlah tokoh-tokoh penting mulai dari Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan juga Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri. Prosesi pengambilan sumpah dan pelantikannya pun juga dilakukan oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Mbak Ita turut merasakan gugup dalam pelantikannya tersebut terutama disaksikan oleh tokoh serti Megawati yang menjadi spirit baginya.

“Deg-degan juga ya. Kalau sekarang galdi tidak dipirsani (disaksikan) Bu Mega. Besok akan dipirsani. Mudah-mudahan kehadiran beliau jadi spirit bagi saya dan Semarang,” ujarnya, Minggu (29/1/2023).

Diketahui, Hevearita Gunaryanti Rahayu resmi menjadi Walikota Semarang dan menggantikan Hendrar Prihadi. Prosesi peresmiannya pun untuk menjadi wali kota periode 2021-2026.

Adapun Hendrar Prihadi ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/ Jasa Pemerintah (LKPP) periode 2022-2027.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Siapa Hevearita?

Hevearita dikenal atau akrab disapa dengan panggilan Mbak Ita ia merupakan salah satu politikus PDI Perjuangan yang awal kariernya dikenal sebagai pegawai bank. Hevearita lahir pada 4 Mei 1966.

Mbak Ita juga telah menempuh pendidikan S1 di Fakultas Pertanian UPN Veteran Yogyakarta. Kemudian melanjutkan pendidikannya di jenjang S2 di Fisipol Universitas Diponegoro.

Sebelum berkarier di dunia politik, Mbak Ita juga pernah menjabat sebagai direktur utama di beberapa perusahaan. Sebelum resmi menjadi Wali Kota Semarang, ia menjabat Plt Wali Kota.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat