uefau17.com

Niat dan Keutamaan Puasa Rajab yang Perlu Anda Ketahui - Regional

, Bandung - Puasa Rajab di tahun 2023 ini jatuh pada hari Senin (23/01/2023) dan menjadi salah satu amalan yang bisa dilaksanakan oleh para muslim di bulan Januari ini. Adapun Puasa Rajab adalah puasa sunah yang dilaksanakan setiap tanggal 1 di bulan Rajab atau bulan ketujuh di dalam kalender Islam.

Meskipun puasa ini adalah puasa sunnah namun menyimpan segudang manfaat dan mempunyai keistimewaannya. Maka dari itu para umat muslim yang ingin mengumpulkan amal sebanyak-banyaknya salah satunya adalah dengan melaksanakan puasa sunah ini.

Seperti diketahui juga Bulan Rajab termasuk kedalam bulan yang mulia seperti bulan Dzulka’dah, Dzulhijjah, dan Muharram. Hal tersebut ada dalam Hadis berikut

“Sesungguhnya zaman berputar sebagaimana bentuknya semula di waktu Allah menciptakan langit dan bumi. Dalam setahun terdapat dua belas bulan yang di antaranya terdapat empat bulan yang dihormati, tiga bulan diantaranya berturut-turut Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab Mudhar, yang terdapat di antara bulan Jumadil Tsani dan Sya’ban” (HR. Bukhari dan Muslim).

Niat Puasa Rajab

Puasa Rajab di tahun ini dilaksanakan pada tanggal 1 Rajab 1444 H atau hari Senin, 23 Januari 2023. Puasa Rajab biasanya juga dapat dilakukan satu hari, tujuh hari, delapan hari, hingga 10 hari sejak tanggal 23 Januari 2023.

Adapun para muslim yang akan melaksanakannya bisa membacakan niat sebelum melakukan sahur berikut:

نَوَيْتُ صَوْمَ هٰذَا الْيَوْمِ عَنْ أَدَاءِ شَهْرِ رَجَبَ سُنَّةً لِلّٰهِ تَعَالَى

(Nawaitu shauma hadzal yaumi ‘an ada’i syahri rajaba lillahi ta’ala)

Artinya: “Saya niat puasa sunnah bulan Rajab hari ini, sunnah karena Allah ta'ala”

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Keutamaan Puasa Rajab

Tentunya dalam puasa sunnah ini mempunyai banyak sekali manfaat atau keutamaan yang akan didapatkan oleh umat muslim yang melaksanakannya. Melansir dari kudus.kemenag.go.id berikut ini adalah beberapa keutamaan dan manfaat bagi yang melaksanakannya:

1. Puasa Rajab sama seperti melaksanakan puasa sebulan

Puasa Rajab mempunyai keutamaan sama seperti melaksanakan puasa sebulan, seperti Rasulullah SAW bersabda:

 

“Barang siapa berpuasa pada bulan Rajab sehari maka laksanakan ia puasa selama sebulan, bila puasa 7 hari maka ditutuplah untuknya pintu neraka jahanam. Bila puasa 8 hari maka dibukakan untuknya 8 pintu surga. Dan apabila puasa 10 hari maka Allah akan mengabulkan semua permintaannya” (HR. At-Thabrani).

 

2. Amalan puasa Rajab berdasarkan harinya

Seperti yang diketahui dalam sabda Rasulullah SAW ada banyak sekali keutamaan yang kita dapatkan ketika melaksanakan puasa Rajab. Rasulullah SAW bersabda barang siapa yang berpuasa pada tanggal 27 Rajab Allah juga mencatatnya sebagaimana orang yang puasa selama 60 bulan.

Kemudian apabila berpuasa selama 7 hari di bulan Rajab maka Allah akan menutup pintu neraka baginya, puasa selama 8 hari Allah akan membuka 8 pintu surga untuknya, hingga puasa 10 hari di bulan Rajab Allah akan menghapus dosa-dosanya dan menggantinya dengan kebaikan.

3. Manfaat puasa sehari di bulan Rajab

Adapun Rasulullah SAW bersabda jika umat muslim melaksanakan puasa Rajab satu hari maka akan mendapatkan air susu yang berasal dari sungai Rajab di Surga.

“Sesungguhnya di surga terdapat sungai yang dinamakan Rajab, airnya lebih putih daripada susu dan rasanya lebih manis dari madu. Barangsiapa puasa sehari pada bulan Rajab, maka ia akan dikaruniai minum dari air surga tersebut” (HR Al-Baihaqi).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat