uefau17.com

Panduan Liburan Lebaran, Ini Titik-Titik Rawan Macet di Yogyakarta - Regional

, Yogyakarta - Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi salah satu tujuan destinasi wisata para pemudik. Arus lalu lintas yang macet bukan lagi pemandangan yang aneh, terutama saat libur panjang.

Beberapa titik rawan kemacetan ini cukup menguras tenaga dan waktu bagi para pengendara. Dikutip dari berbagai sumber, berikut titik-titik rawan macet Yogyakarta.

1. Kawasan Simpang Empat Jalan Affandi – Jalan Laksda Adisucipto

Kawasan simpang empat Gejayan ini perlu dihindari saat berwisata ke Yogyakarta. Antrean panjang sering kali terjadi dan sulit terurai.

Kawasan ini menjadi salah satu akses dari arah Solo menuju kawasan Malioboro dan Kondisi ruas jalan yang relatif sempit, memperparah kemacetan di kawasan ini. Kemacetan biasanya terjadi dari pukul 09.00 WIB hingga larut malam.

2. Simpang Empat Jalan Afandi – Ring Road

Wisatawan perlu menghindari kawasan ini berlibur ke Yogyakarta. Lantaran kawasan simpang ini kerap terjadi kemacetan nyaris dari empat penjuru jalan.

Dari arah barat antrean panjang kerap sulit untuk diurai, karena kendaraan arah barat dari simpang empat Jalan Kaliurang bisa langsung melewati underpass Kentungan. Akibatnya, arus roda empat menumpuk di jalur cepat sisi barat simpang empat Gejayan.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jalan Godean

3. Simpang Empat Jalan Godean – Ring Road

Kondisi jalan sempit, sementara arus lalu lintas terus bertambah sehingga tak sebanding. Akibatnya, jalan ini kerap terjadi antrean panjang terutama dari arah Ringroad menuju ke barat.

Selain menjadi salah satu jalur wisata Menoreh, Jalan Godean juga kerap menjadi alternatif bagi masyarakat di utara Yogyakarta yang akan menuju ke Bandara YIA. Akibatnya arus lalu lintas di kawasan ini terus membludak.

4. Simpang Tiga Ring Road Maguwoharjo

Titik antrean ini terutama dari arah barat dari depan eks Hotel Quality hingga Hotel Sheraton. Kemacetan sering terjadi terutama saat libur panjang.

Biasanya antrean makin panjang terutama di titik penggal depan Hotel Sheraton karena adanya kendaraan roda empat yang ingin putar balik.

5. Simpang Empat Jalan Imogiri Timur

Jalan Imogiri Timur tak jauh berbeda kondisinya Jalan Godean yang memiliki ruas jalan terbatas, dan tak sebanding dengan volume kendaraan yang melintas. Selain itu, kawasan jalan ini menjadi alternatif bagi masyarakat terutama usai berwisata dari kawasan Panggang, Gunungkidul atau perbukitan Dlingo, Bantul.

 

Penulis: Tifani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat